HEALTHY LIVING TIPS BY ME

Finally Saturday night yaaay !

I'd love to share beberapa tips hidup sehat ala ala aku nih btw, yuk let's go..

Tidur 8 jam 

Kalau soal tidur 8 jam ini pasti udah banyak tau yah ? Tapi mungkin ada yg susah nih buat lakuin, nah ada hal yg bisa dicoba biar tidurnya bisa lebih awal ngga perlu begadang lagi. Walaupun aku orangnya emang bukan yg termasuk susah tidur si, kadang kadang doang  suka mikir, jadi aku mah golongan nempel bantal langsung ngeces hehe

Minum susu sebelum tidur 

Ini yg aku lakuin kalau lagi susah tidur, minum susu hangat sebelum tidur. Serius bikin ngantuk, dan cepet buat tidur. Ngga percaya ? Sok cobain ya sampai berhasil loh 


Mandi air hangat

Sebelum tidur waktu kecil disuruh cuci muka cuci kaki dan tangan ngga si? Nah tips aku nih justru mandi sebelum tidur, tapi mandi nya air hangat yaa. Ini enak banget nih, beneran bikin badan lebih enak buat tidur. Warm water makes your body relax and calm.

Rapihin kasur 

Kalau lagi susah tidur cobain juga bersihin plus rapihin tempat tidur kamu. Anggep aja sambil olahraga, nah setelah tempat tidur rapi pasti bakal berasa lebih nyaman untuk tidur. 

Matiin lampu di kamar 

Ruangan yg gelap juga bikin lebih cepet tidur dan katanya ini lebih sehat daripada ada lampu menyala saat tidur. Karena ruangan gelap bisa menstimulasi otak untuk istirahat juga kali ya, switch off then it's time to sleep. 

Stay away from gadget 

Jauhin hape, silent atau mode pesawat bisa ngebantu juga untuk cepet tidur, karena ngga harus terus terusan nge check hape kalau ada notifikasi bunyi. Kalau masih dinyalain percaya deh pasti ngga jadi tidur,  masih suka liat update, masih pengen comment, pengen ini itu tar keterusan jadi tengah malem. So stay away from gadget kalau pengen lebih cepet tidur yaaa 

Aromatherapy 

Nah ini nih buat yg masih suka susah tidur banget, bisa nyalain aromatherapy biar lebih rileks. Udah ada banyak wangi wangian yg menenangkan untuk bikin kita lebih cepet tidur. 

Minum Jus 

Kalau suka buah buahan pasti suka juga deh minum jus, hayoo ada yg ngga suka buah kah ? Minum jus ini penting loh biar bikin kita lebih sehat, plus memudahkan untuk dicerna oleh tubuh. Lebih praktis juga kita ngga perlu kunyah lama lama buahnya. Tapi biar bener bener sehat, harus bener juga cara pengolahan jus nya. 

No Sugar 

Jangan pakai gula yaa, biarin aja rasanya alami dari buah buahan yg di jus. Tapi kalau ngga terbiasa, bisa sedikit sedikit kurangin jumlah gulanya sampe akhirnya ngga dikasih gula sama sekali. Lebih baik pelan pelan tapi pasti, daripada langsung ngga dikasih gula malah bikin ngga pengen minum jus nya. 

Mix and match yg tepat

Bikin jus sehat bisa juga ngga cuma satu item aja, tapi bisa di mix. Cuma kalau mau mix buah atau sayuran, ngga boleh sembarangan. Karena kandungan dalam buah dan sayur berbeda beda, jadi campuran jus nya harus sesuai. Kondisi tubuh kita juga beda beda jadi lebih baik dikonsultasikan dengan ahli nya atau dokter langsung sebelum bikin mix juice ini. 

Jangan bikin terlalu banyak

Kalau mau minum jus bikin secukupnya aja untuk sekali minum yaa, karena bikin terlalu banyak dan disisain justru bisa bikin kandungan vitamin jus nya hilang. Fyi jus yg disimpen lama lama bisa oksidasi bahkan di kulkas sekalipun. 

Cuci bersih 

Sebelum bikin jus pastiin dulu buah dan sayurannya udah dicuci bersih. Cuci bersih lebih baik juga dengan menggunakan air yg mengalir ya, tapi sebelumnya sesuaikan juga jenis sayuran atau buahnya. Misalnya nih, mau bikin jus brokoli, sebelum dicuci dengan air yg mengalir lebih baik direndem dulu sama air garam. Why ? Karena air garam bisa membantu menurunkan kotoran yg ada dan juga mengeluarkan ulet kalau ada uletnya. Soalnya brokoli kan ada banyak rongga rongga kecil yg ngga keliatan. 

Olahraga

Olahraga ini bisa dilakuin di mana aja, ngga perlu harus ke gym or lapangan deh cukup di rumah, sekarang kan udah banyak banget video-video untuk olahraga di rumah nih. Apalagi kalau sehari hari di kantor dan waktu olahraga nya lebih sedikit. Cari deh exercise at home, pasti banyak yg muncul dan tinggal pilih mana yg bisa diikutin. Well cause I'm not an expert untuk olahraga ini, apalagi kelas olahraga aku mah paling lemah jadi olahraga di rumah adalah tips ala aku yg aku suka lakuin. Santai santai aku juga suka main hola hoop dan skipping di rumah. Dulu jaman SD suka main karet, nah sekarang mainnya skipping. Wkwk gaya namanya doang, intinya mah sama lompat lompat. Kalau mau beli tali skipping beli aja di toko sport terdekat kamu yaa

Drink enough water 

Minum air putih, air mineral atau apapun namanya. Aku bilang air putih aja ya. Nah manfaat air putih ini luar biasa banyak buat tubuh kita. Kalian ada yg masih ngga suka minum air putih ngga nih ? Kenapa aku nanya gini, karena dulu aku bukan orang yg suka minum air putih. Menurut aku ngga ada rasanya jadi ngga enak. Kebiasaan akhirnya minum minuman berasa, bahkan soda. 

Akhirnya waktu SMA dulu pulang sekolah aku pernah pingsan. Padahal baru aja sampai rumah dan masih pakai seragam, akhirnya ketahuan sama dokter kalau kurang sekali minum air putih. Ini belom seberapa,  kata dokter kalau keterusan bisa sampe berbahaya buat ginjal loh. Huhuhu, alhamdulilah dikasih tau banyak banyak untuk selalu minum air putih yg cukup setiap harinya. Karena aku udah rasain ngga enaknya sakit, gara gara ngga minum air putih doang. Makanya aku pengen share ke kalian untuk selalu minum air putih yaa. 

Jangan males minum, walaupun harus sering ke toilet buat buang air kecil. That's okay, yg penting kesehatan tubuh terjaga. Waktu itu biar kebiasa, aku selalu minum air putih segelas sebelum tidur juga pas bangun tidur. Sampai sekarang akhirnya jadi kebiasaan rutin setiap hari yg berasa kurang kalau ngga dilakuin. 

No stress, love your life = sehat dan bahagia 

Hidup sehat itu kata orang jaman dulu, yg penting ngga banyak pikiran. Kalau banyak mikir bisa cepet tua juga cepet berhenti detak nadi :( bener kali ya, apalagi banyak orang orang kaya terkenal punya segala nya justru ngga bahagia dan bahkan milih untuk suicide. 

Masalah pasti bakalan ada, namanya juga hidup. Tapi jangan sampai down, motivasi diri dengan hal hal positif juga temuin orang orang yg bisa kasih support dan sayang sama kita. Ngga perlu juga sampe stress karena ngerasa rumput tetangga lebih hijau, syukurin aja semua yg udah kita punya saat ini. Fokus buat bahagia, dengan mencintai apa yg ada di diri kita, bukan fokus untuk bersaing dengan orang lain yg justru nyakitin diri sendiri. 

-------
Love your life better, surround yourself with love and smile often, don't think too hard and get enough sleep. When life gets harder, just close your eyes and eat your Ice cream yummmmyyy 

They're quotes from Rifka for today and c y 

xo

Rifka 

1 comment

  1. Mkasih mba..infonya bagus bnget cz sya suka sekali susah tidur..

    BalasHapus

Hi, feel free to leave your comments here :)

Xo, Rifka Malik