CERITA MAHASISWA HI (HUBUNGAN INTERNASIONAL) PART I

               
Mahasiswa Hubungan Internasional
"Pas jadi maba ada pertanyaan kenapa pengen jadi anak HI ??? jawabannya dulu banyak yang pengen jadi diplomat, ambassador, politisi dan sodaranya yang berkaitan dengan perwakilan Indonesia di luar negeri :D -and yaaa i said so"

CERITA ANAK HI (mahasiswa HI) di FISIP salah satu universitas negeri yang ada di Indonesia, paling kalau garis besarnya mah juga ngga bakal jauh-jauh atau beda banget sama yang ada di kota lainnya. Tapi setiap orang pasti punya cerita yang beda di setiap harinya, jadi pengalaman aaku jadi mahasiswa HI it will be different from anyone or yours. Salah satunya cerita di balik foto one of GNU magazine page di akhir cerita ini. Anyway karena ini blog dan bukan lagi nulis tugas jadi maklumin kalau tulisannya ngga pakai tata bahasa juga penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar hhihi

Kalau belum baca tulisan sebelumnya, aku dulunya anak IPA yang akhirnya kuliah di jurusan sosial politik, HI. Nah HI ini katanya jadi jurusan yang elite alias punya gengsi dibandingin sama yang lain, entah karena passing grade nya yang tinggi atau apaan, jadi katanya harus beneran pinter kalau mau masuk HI.. Apalagi peminat jurusan ini setiap tahun di Indonesia juga makin banyak, yaaa banyak juga dong yang rebutan buat diterima jadi mahasiswa HI. Ngga salah deh universitas-universitas pada buka jurusan HI. 

Mahasiswa HI angkatan jaman aku (bukan jaman now) yang diterima dulu sekitar 50 orang, itu juga makin berkurang karena ada yang pindah dan lainnya. Jadi jumlahnya emang sedikit kalau dibandingin sama jurusan lainnya se fakultas atau fakultas lain yang jumlahnya ada ratusan.

OKEYDOKEY,  Jadi part I ini ceritanyaaaa sebagai mahasiswa HI itu ...........

KUDU RAJIN BACA ^^


Harus banget rajin baca buku, dari semester awal kita udah disuguhin banyak judul buku. Buku bacaan berbahasa Indonesia juga bahasa asing lainnya terutama bahasa Inggris. Buku Pengantar Ilmu Hubungan Internasional misalnya jadi salah satu yang paling penting buat dibaca, karena kita harus tahu apa itu HI juga kenapa belajar HI. Biasanya dosen bakal kasih list buku buku apaan aja yang harus dibaca atau disaranin untuk dibaca buat setiap mata kuliahnya. Ada juga dosen yang baik kasih bukunya ke mahasiswa buat di copy, tapi ngga dikasih juga cuma dipinjemin doang.. 

Selain banyak bukunya juga pada tebel tebel, nah kita masih → lebih ← harus hobby baca lagi tentang berita domestik maupun internasional. Jadi deh anak HI suka langganan koran -Kompas misalnya, atau kalo ngga follow account media media berita di sosmed. Udah ada juga app nya jadi tinggal download dan open kalau ada update, such as Al Jazeera, BBC, TheJakartaPost, Kemlu juga lainnya jadi makanan anak HI tiap hari. Soalnya di kelas pasti bahasannya ngga jauh sama berita yang lagi update, biar ngga ketinggalan haruslah rajin baca guys...

πŸ’¬ PAPER, REVIEW,  PAPER, REVIEW

Mahasiswa HI tugasnya selain bacaaaa, juga nuangin ide plus hasil bacaanya tadi ke paper atau review. Setiap hari setiap mata kuliah pasti deh bikin paper juga review, udah gitu diskusi di kelas. Suasana kelas udah pasti ngga monoton karena belajarnya ngga dari dosen aja, tapi mahasiswanya ikutan berpikir untuk menyampaikan gagasan dari hasil analisa. Karena sering analisa juga diskusi, mahasiswa HI bakal lebih terbiasa memahami pendapat orang lain dengan pemikiran yang terbuka, juga lebih analitis kalau ada kejadian atau fenomena tertentu. Tapi deadline paper yang sehari bisa lebih dari dua juga lumayan bikin begadang malem-malemnya.. Apalagi yang pakai kacamata, minus kacamatanya bisa aja nambah dikit-dikit karena sebelum ngerjain paper, baca bukunya sambil tiduran. (Pengalaman)

IKUTAN PNMHII / PSNMHII 

Kalau anak HI pasti udah tau, dan mungkin ada yang sering ikutan PNMHII / PSNMHII sebagai agenda nasional mahasiswa HI yang diadain setiap tahunnya. Yup, PNMHII itu singkatan dari Pertemuan Nasional Mahasiswa HI se Indonesia nah kalau PSNMHII itu Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa HI se Indonesia. Acara PNM atau PSN diadain setiap setahun sekali, PNM itu bisa dibilang agenda utamanya tapi kalau PSN itu agenda sebelum PNM karena kan judulnya aja sela dan PSN biasanya lebih singkat acaranya. 

Acara PNM atau PSN dihelatnya di salah satu universitas yang udah terpilih dan selalu gantian sama universitas lainnya. Universitas terpilih itu biasanya bakal bikin pengajuan dulu untuk jadi tuan rumah. Konsep segala macemnya bakal dipresentasiin sebelum akhirnya terpilih gitu. Banyak ko manfaat yang didapet kalau ikutan PNM atau PSN sebagai mahasiswa HI, selain yang udah pasti bakal nambah temen juga bakal banyak nambah ilmu yang ngga selalu didapet di kampus. Apa aja  emang rangkaian acara PNM atau PSN ? jawabnya udah pasti beda tiap universitas karena tuan rumah punya rundown acara mereka sendiri. Tapi pasti beberapa diantaranya bakal ada seminar dengan keynote speaker yang ahli di bidangnya, diskusi ilmiah, diplomatic course atau simulasi sidang (entah UN council, EU atau ASEAN dll). Karena acaranya beragam jadi bisa sampe lima harian. Nah kalau di hari terakhir juga bakal ada yang seru, biasanya kita bakal jalan jalan atau visit ke popular tourism object jadi uda ngga pusing pusing soal akademis lagi tapi udah jadi refreshing day sebelum hari kepulangan. 

Selama kuliah aku udah pernah jadi delegasi PNM tiga kali di Bandung, Jogja juga Jakarta. Kalo PSN dua kali di Jakarta juga Bali. Gimana ko bisa jadi delegasi ? Nah jadi delegasi universitas, kita bakal diseleksi dulu sebelumnya, caranya juga pasti beda beda tiap kampus. Kalau kampus aku dulu seleksi awal biasanya bikin paper ilmiah yang sesuai dengan tema PNM atau PSN nya. Delegasi juga bukan cuma dari mahasiswa terpilih tapi juga ada mahasiswa perwakilan organisasi jurusan Himpunan Mahasiswa HI (HIMAHI). 

Selain PSNMHII juga PSNMHII masih ada agenda nasional lain yang bisa diikutin mahasiswa HI loh, misalnya Konferensi Nasional di mana pesertanya bukan cuma mahasiswa HI aja tapi mahasiswa dari berbagai jurusan lainnya yang turut berpartisipasi. Kalau aku dulu ikut sekali Konferensi Nasional yang ada di Jakarta. Bedanya dari PNM ato PSN, kita simulasi sidangnya bukan UN ato ASEAN juga EU tapi dulu simulasi sidangnya jadi perwakilan rakyat di gedung DPR nya langsung loh :)))  Belajar sidang ngewakilin rakyat dari fraksi partai politik, cuma nama partainya bukan yang sebenernya. 

HIMAHI 

Buat yang aktif ikut organisasi waktu sekolah dulu pasti ngga betah kalau cuma ke kampus buat kuliah. Nah HI juga punya organisasi atau Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang menjadi wadah seluruh mahasiswa HI. Organisasi jurusan aku namanya HIMAHI, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional. Tiap kampus Uda pasti beda namanya mah, tapi yang sama di setiap HIMA pasti ada divisi".

Dulu aku jadi Head of External Division, jadi kal6 negara adalah Kemenlu nya. Untuk jadi bagian HIMA juga ada syarat-syarat nya biar bisa lolos seleksi. Syarat IPK cuma salah satunya, karena ada lagi syarat yang lain sesuai posisi yang kita apply. Kalau ngga salah diminta bikin beberapa tulisan sebelum akhirnya masuk ke tahap seleksi wawancara.

Apa manfaatnya ikutan HIMA? nah jadi mahasiswa yang aktif berorganisasi juga bisa nambah ilmu and skill sebagai mahasiswa. Tapi harus pinter bagi waktu, karena waktu yang ada ngga cuma buat ngerjain tugas juga kuliah soalnya kan harus ikutan rapat HIMAHI juga ngejalanin program kerjanya belom lagi waktu dengan keluarga. Sibuk pasti iya, makanya management waktunya penting. Ohya selain itu setelah lulus kuliah kalau mau apply kerja, mostly perusahaan bakal liat resume kita yang pernah atau punya kemampuan berorganisasi sebagai nilai plus loh. 

STUDENT EXCHANGE + STUDENT VISIT

Banyak yang berasumsi kalau jadi mahasiswa HI pasti pinter bahasa asingnya juga anak HI ada program ke luar negeri nya. Sebenernya semua balik lagi ke tiap individu, ada yang emang passionate banget sama bahasa, ada juga yang rajin cari info program ke luar negeri. Aaand ada yang lucky bisa ke luar negeri dengan invitation untuk ke sana. Kalau ceritaku selama kuliah kitanya yang emang harus aktif dan semangat. Alhamdulillah, aku pernah ke Korea Selatan untuk program winter camp di Gyeongsang National University (GNU), salah satu universitas nasional di negeri ginseng tsb juga setelah program winter camp bisa berangkat lagi jadi mahasiswa exchange ke Korea Selatan -lagi. Sebelumnya pernah ikut student visit ke Malaysia, di Universiti Utara Malaysia.

    It's in Muju Deokyusan Ski Resort ✌✌, and can you find me here ?
                            


*****Nah foto yang ini adalah salah satu feature mahasiswa HI di magazine nya GNU. And that was me, I've served to deliver the farewell speech in GNU Winter Camp Program. 😎 I was so proud, but not only being me as an IR student tapi lebih lagi jadi seorang mahasiswa dari Indonesia. Cerita lengkapnya soal ini aku ceritain di next post aja yaa .. Soalnya bakalan  seru juga panjang ini mah kalau diceritain.

MODEL UNITED NATIONS (MUN)

Okay, selain tadi ada PNMHII / PSNMHII juga Konferensi Nasional dan program exchange, jadi mahasiswa HI juga bisa ikutan event yang namanya Model United Nations (eM-yU-eN). Nah MUN ini seperti namanya adalah simulasi sidang PBB yang membahas isu internasional tertentu. Peserta berperan sebagai seorang diplomat atau perwakilan negaranya untuk membahas isu -yang telah diagendakan- secara formal dalam forum internasional PBB. Sebagai perwakilan negara tentu delegasi telah memikirkan apa kepentingan negara mereka dalam sidang tersebut. MUN sendiri bisa kita ikuti di Indonesia atau di luar negeri.

Kalau di Indonesia HI mates bisa ikutan Indonesia MUN, President MUN, juga MUN lainnya yang diadakan oleh berbagai universitas. Untuk di luar negeri, tersedia berbagai MUN di berbagai negara yang bisa diikuti mahasiswa internasional seperti di US, Jepang, Korea, Malaysia, Swiss, etc. Cobain deh check mymun.net untuk tau apa aja list MUN yang ada, ini salah satunya aja yaa soalnya banyak ko MUN yang bisa di seaarch misalkan MUN 2018 di google.

MUN sendiri membantu memahami bagaimana sidang berlangsung dalam sebuah forum internasional seperti PBB, delegasi juga harus benar-benar memahami tentang negaranya, baik itu kepentingan dan permasalahan yang ada sehingga dapat mengerti apa yang ingin dihasilkan dalam persidangan tersebut. Mengikuti MUN sangat bermanfaat agar dapat belajar bernegosiasi, public speaking, membuat tulisan yang baik, mempelajari tata cara sidang internasional, terutama juga jadi improve bahasa Inggris yaa soalnya sidangnya semua pakai bahasa Inggris :) dan kalau kita serius hadiah atau predikat sebagai best delegate, best speaker, juga best position paper bisa banget diraih. Well, untuk MUN sendiri aku ikutan sekali doang dan itu lingkupnya nasional cuma waktu itu ada mahasiswa asing dari Australia yang lagi exchange ke Indonesia. Begitulah ...


^^^^^^^^^OOOO^^^^^^^^^

Baiiiik, part I nya di sini dulu aja deh yaa ceritanya tentang sedikit yang bisa dilakuin mahasiswa HI.. Part berikutnya bakal lebih detail tentang how to get a chance jadi delegasi di agenda nasional mahasiswa HI se Indonesia atau juga kesempatan exchange ke luar negeri. I'd like to put some of jokes yang cuma dimengerti sama anak-anak HI, plus tantangan kalau jadi bagian dari mahasiswa HI. et cetra et cetra yaaaa 


Thank you for reading, see you!

xo 

Rifka 


•feature image by unsplash



74 comments

  1. Haii salam kenal, good luck ya..Makasih uda baca blognya :)) Semoga ntar jadi HI mate juga yaaa, semangaaaat πŸ’«

    BalasHapus
  2. Kk dapatin program winter camp gimana? Ceritain dong kak wkwk seru baca pengalaman kk asik ajaa. Terus kk pas kekoreanya bayar sendiri atau ditanggung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii there Kim Taehyung πŸ˜ƒ waah thank you yaa uda baca baca, seru emang apalagi kalo bisa ke sana sendiri :D ya ngga ? Hwaiting !! buat winter camp uda sempet ditulis aga banyak nih, coba check link ini yaaa (ato bisa check di archive December 2017) Semoga bisa kasih sedikit inspirasi ✌

      https://rifkamalik.blogspot.com/2017/12/mainan-salju-di-korea-special-gnu.html

      Hapus
  3. Assalamu'alaikumm kk
    Salam kenal😊
    Terimakasih buat kk yg telah buat vlog ini, karna vlog kk menginspirasi sekali terutama saya untuk belajar lebih giat lagi, dan tdk berperputus asa
    Saya baru saja lulus di jurusan HI di salah satu perkuliahan yg ada di makassar
    Jujur dri vlog kk yg di buat
    Semakin saya bermotivasih untuk belajar giat lagi
    Terimakasih ya kk
    #Rifka_malik
    #Erik_sanjaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, haii Erick salam kenal jg.. maksudnya baru jadi mahasiswa HI kah ? waaah selamat ya, harus semangat belajarnya di HI..

      Best luck jg buat kuliahnya di snaa..

      btw thank you uda bacain blog aku yaa 😊 semoga bisa ambil yg baik baik nya ✌

      Hapus
  4. Keren banget kak😁
    Jadi makin minat buat jadi mahasiswi HI
    Doain ya kakπŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat yaaa, semoga jadi HI mates juga !

      Makasih uda bacabaca, hihi

      Best luck then πŸ˜‡

      Hapus
  5. Kak apa kuliah HI itu mencapai 7 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Tarisa, kalo HI kuliahnya 7th ato ngga, semua balik ke masing" mahasiswa nya.. juga pilihan pengalaman yg pengen didapet, kalo mw lulus 3.5th berarti tiap semester harus bisa SKS nya penuh, trus skripsinya rajin ngerjainnya biar cepet sidang :) kalo ada yg kuliah selama itu mungkin ada alasannya, bisa jadi tema skripsi yg diambil butuh penelitian dengan waktu lama, ato lg ada program magang dsb.. semangat yaa,

      Hapus
  6. Nama saya yusril saya kelas 3 smk jurusan upw, kira2 cocok gak kalo masuk jurusan HI kak? Ohh iya kalo jurusan HI prakerin kira-kira dimana aja kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Yusril :) dulu temen sekelas angkatan aku juga ada ko yg dari SMK, jadi siapa aja bisa ambil HI selama beneran minat nya di HI..

      Kalo HI kan fakultas nya di sosial politik nih, coba tanya deh Yusril pengen belajar HI ato gimana ? Soalnya jurusan pariwisata di kampus juga udah banyak, siapa tw Yusril pengen ambil jurusan yg linear dengan waktu di sekolah ..

      ohiya kalo soal prakerin, HI istilahnya magang kali ya, biasanya anak HI suka magang di Kemlu, Lembaga Penelitian, bahkan Bank Indonesia dll. Soal magang di kampus ku dulu ngga wajib, jadi mahasiswa sendiri yg cari kesempatan di lembaga" yg ngebuka program magang 😺

      semoga menjawab yaa, abisnya kalo soal cocok ato engga, harus tanya minat Yusril sendiri di HI gimana.. takutnya waktu uda kuliah tapi ngga sesuai passion malah bisa setengah hati ato sampe keluar dari HI (ada banyak yg ngerasa salah jurusan waktu masuk HI karena satu dan lain hal, akhirnya kuliahnya ditinggalin, ada yg pindah jurusan jg)

      Semangaaat, apapun yg dipilih nanti semoga berhasil yaa πŸ’ͺ

      Hapus
  7. halo kak! seneng banget pas nemuin artikel ini dan jadi punya referensi untuk masuk HI ^^
    aku mau nanya, kak, kan aku anak ipa, nah kira-kira peluang aku untuk masuk HI besar gak ya? soalnya aku pesimis banget. aku juga baru ngerasa salah jurusan skrg, sementara gak dibolehin pinda jurusan lagi T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, aku juga dulu kelas IPA ko ☺ jangan pesimis dulu dong, kalo emang beneran pengen masuk HI, justru harus lebih semangat.. yakin aja pasti bisa, sambil rajin belajar biar nilainya bagus semua, juga prepare buat jadi mahasiswa HI nantinya πŸ’ͺ you can do it ^^

      coba deh klik tag International Relations di blog aku, ada sekilas tips* juga gambaran tentang HI yg bisa dibaca*, semoga membantu yaaa ..

      Hapus
  8. Assalamualaikum kak, wah ceritanya seru banget kak seneng bacanya. Oh ya kak dari IPA kalo mau masuk HI lewat SNMPTN kira kira bisa gak kak?
    Terus di HI apa peluang dapat beasiswa juga besar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, haii thank you udah baca dan alhamdulilah kalo seru :D

      Dulu aku juga ikut jalur SNMPTN ko walopun jurusan SMA IPA. Jadi jawabannya bisa, aku adalah contoh hidup haha

      Kalo beasiswa waktu kuliah bisa ikut beasiswa Djarum, Pertamina ato mahasiswa berprestasi, dll .. gimana aktifnya kamu aja buat hunting program beasiswa sambil usaha menuhin persyaratan nya.


      Semoga menjawab dan good luck yaaaah ☺☺

      Hapus
  9. Hallo ka,apa saja yang harus di siapkan untuk masuk HI ?PELUANG Kerjanya bagaimnaa?
    Thnks bgt ka artikelnya seru juga bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, pertama prepare niat nya yaa yg penting buat semangat masuk HI.

      Nilai juga, apapun jurusan kamu waktu sekolah usahain nilainya bagus.

      Prepare perayaratan untuk jalur masuk yg mau dipilih buat daftar HI. Ujian masuk kampus kah, Seleksi Nasional kah, etc.

      Soal kerjaan untuk lulusan HI bisa check di post aku : Frequently asked questions about International Relations yaaa.. ☺☺

      Kalo pengen langsung diarahin ke semua post tentang HI, bisa langsung klik International Relations di awal blog (tanda tag)


      Makasih uda baca btw,

      Semangaaaat, semoga jadi HI mates juga yaaa :))

      Hapus
  10. Salam kenal ya mbak...
    Dulu waktu jadi mahasiswa HI ga sempat rasain yang ginian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga :)

      Waaah alumni HI yaa ?

      Hehe pengalaman ini mah cuma dikit doang, sampe kadang suka pengen balik jaman kuliah lagi tapi kalo kuliah pasti pengen buruan lulus .-.


      Thank you uda baca btw πŸ˜€

      Hapus
  11. halo kakak
    wahh setelah membaca pengalaman kakak jadi semakin mantap menimba ilmu di jurusan ini, terima kasih atas pencerahannya yang bikin aku semakin semangat !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii,

      Syukur kalo bisa kasih inspirasi di HI, hehe

      Siip, harus semangat yaaaa.. perjalanan jadi mahasiswa HI semoga menyenangkan ☺

      Thank you juga uda baca, ntar aku post cerita cerita HI yg lain deh. Btw baca juga tag Hubungan Internasional yg lainnya yaaa buat nambah insight kamu tentang HI 😎

      Hapus
  12. Hai kak, mengispirasi banget ceritanya. Kalau boleh tau kakak dulu asli anak IPS atau anak IPA waktu SMA??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, makasih uda baca yaa .. dulu aku anak IPA nih :D

      Hapus
  13. Hai kak... Kalau boleh tau, setelah lulus di HI, kakak sekarang kerja dimana ya kak ??? Selain itu, udah banyak info seputar lapangan pekerjaan anak HI selain jadi diplomat, kalau di NGO atau lembaga lain itu biasanya ditempatkan pada bagian apa ya kak ??? Mohon info lagi ya kak.... Terima kasih banyak kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii Wahyu,

      Soal kerja bisa check di tag carrier yaa, :D kalo sekarang aku kerja di perusahaan yg juga jadi Royal Danish Consulate (Konsul Kehormatan Denmark).

      Ohya pertanyaan ini udah aku bahas juga di Frequently Asked Questions about IR, silahkan kalo mau baca. Jadi tiap lembaga placement nya pasti beda*, aku nggabisa bilang satu orang ato anak HI bakal ditempatin di bagian yg pasti apaan. Karena masuk sebuah lembaga apapun itu, bakal ada placement test dll. Sesuai sama kemampuan kita, persyaratan juga standard lembaga itu sendiri.

      Misalnya temen aku di NGO ada yg jadi public officer, fund raiser, marketing dan segala macem.

      Juga yg perlu diinget, kalo kerjaan yg didapetin sesuai sama usaha kita juga si, tapi usaha juga kadang ngga cukup, harus banyak* doa biar dikasih yg kamu pengen.


      Well Soal kerjaan kali ntar aku bahas lagi yaa di post HI selanjutnya yaa.

      Semoga membantu :))

      Thanks udah baca baca, btw check juga tag International Relations ato University di atas bagian judul postingan ini untuk kasih kamu insight lain tentang HI. cheers

      Hapus
  14. Halo kak,aku mau nanya.orang introvet bisa gk masuk HI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, :D

      Kalo kamu emang passion nya di HI, ato suka nih belajar HI kenapa ngga ? Bisa bisa aja ko..

      Aku ngga ngerti introvert nya yg gimana, yakin aja apapun yg kamu pilih nanti itu yg terbaik okaaay ☺

      Semangaaat πŸ’πŸ’

      Hapus
  15. Halo ka, aku mau nanya kira2 anak smk jurusan adm perkantoran memungkinkan gak sih untuk masuk hi? terimakasih sebelumnya ka:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo jugaaaa, 🌟

      jawabannya adalah ngga perlu takut kamu dari SMK, aku aja yg anak IPA bisa masuk HI ko.. temen aku juga ada dari SMK multimedia, juga ada yg SMA nya anak kelas bahasa..

      Mungkin bangeet selama kamu yakin kamu suka sama HI juga usaha buat tes masuknya ngga setengah*..

      Nih aku kasih quote of the day :D Impossible itu ngga ada, yg ada I'm possible


      Semangat yaaaaaa, usaha terus buat dapetin yg terbaik yg kamu mau termasuk biar jadi HI mates okaaay ☺

      Hapus
  16. Keren bangett, doain ya kak semoga tahun ini bisa nyusul jadi salah satu maba HI di unpad:'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Wening ☺ makasih yaaa, aaamiiin semoga jodoh sama HI juga.. best of luck then

      Semangaaaaaat 🌸🌸

      Hapus
  17. Halo ka aku sekarang sudah mau masuk jurusan HI cuma setiap searching tentang HI tuh kok kaya jenuh banget gitu banyak tugas aku jadi takut ka gimana dong sisi serunya apa ka tentang HI biar bisa naikin mood lagi
    Kirain aku HI tuh bukan politik ternyata hampir politik semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, kalo soal tugas mah semua jurusan pasti ada aja tugasnyaa :D

      Kalo soal seru, karena aku seneng belajar HI jadi semuanya berasa seruuuu.. kamu udah baca semua tag International Relations di blog Aku belom ?

      Buat aku, bisa belajar banyak hal tentang dunia internasional, bisa ikut banyak program nasional juga internasional sampe aku kuliah ke Korea itu semua belom tentu aku dapetin kalo bukan karena aku masuk jurusan HI. Jadi aku sendiri bisa lebih ngerasa banyak hal positif dan berkesan dalam hidup aku apalagi selama kuliah di HI..

      Bisa punya banyak pengalaman dan temen baru, bisa mulai nulis blog ini pun karena awalnya aku pengen share tentang HI.

      Semoga kamu juga bisa rasain serunya belajar HI yaa, tapi kalo emang bukan passion kamu jangan dipaksain, pilih aja jurusan yg emang kamu beneran pengen dan semangat buat jalaninnya.

      Good luck then ! :)))

      Hapus
  18. Halo kak, salam kenal. Tahun ini aku bakalan masuk HI kak. Dah alhamdulillah aku masuk HI di jalur SNMPTN. Tapi aku rada gugup pas mau masuk kuliah nanti. Soalnya aku juga anak ipa pas sma jadi aku bener2 gak tau hal hal yg perhubungan sama sosial. Sebagai sesama anak ipa yg masuk HI, aku pengen tanyak kak, pas kakak masuk HI kakak baca buku apa aja kok bisa anak ipa sukses di HI hehe maaf kak kepanjang. Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Annisa, Salam kenal juga :)) hyeey congratulations yaa udah jadi part of HI 🍻

      Semangat ! Semoga lancar kuliahnya, * ohya nanti Insya Allah aku bikinin post nya soal buku* HI. Abisnya banyak nih :D

      Kalo ada lagi yg mw ditanyain tentang HI dan belom ada di post International Relations aku, kamu bisa DM ke ig : @rifka.malik yaa

      Kalo mw sharing apapun boleh, Ill be happy to help 😸

      Makasih udah baca baca ..

      Hapus
  19. Halo kak! Beneran aku terinspirasi banget baca tulisan kakak. Tahun ini alhamdulillah aku diterima di jurusan HI jalur SNMPTN, aku sebelumnya juga dari IPA kak. Aku tertarik banget tentang dunia internasional!! Suka banget baca blog kakak! Sukses terus ya kak! Semoga aku bisa jadi kayak kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo jugaaa .. yippheee alhamdulillah, semangat yaaaa belajar HI nya πŸ’ͺ

      Seneeeng pisaan kalo bisa kasih sedikit inspirasi hihi ☺

      Semoga menyenangkan ya, all the best for you there πŸ‘

      Kali ada yg mw ditanya langsung boleh cus ke IG aku okaaayy

      Thank you juga udah bacain blog aku πŸ’•

      Hapus
  20. Terimakasih kk buat pengalamannya yang sangat memotivasi aku buat belajar ,btw aku sekarang kls 12. Doain ya biar bisa lulus hi tahun depan kak ,oh ya ditunggu pengalaman yg menginspirasi lainnya kk

    BalasHapus
  21. Terimakasih kk buat pengalamannya yang sangat memotivasi aku buat belajar ,btw aku sekarang kls 12. Doain ya biar bisa lulus hi tahun depan kak ,oh ya ditunggu pengalaman yg menginspirasi lainnya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii makasiih yaa udah bacain 😊 aamiin semoga bisa lulus dengan nilai bagus juga bisa masuk HI yaa ..

      Semangaaaaaaat !! Best of luck too

      Hapus
  22. Assalamu'wlaikum Kak, terima kasih sudah bikin artikel ini. Belakangan ini saya bener bener ragu dan bingung buat ambil jurusan ini hehe. Artikelnya sangat bermanfaat dan menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam adek, makasih juga yaa udah baca cerita aku. Syukur kalo ada manfaat yg bisa diambil hehe :D semangaaat

      Hapus
  23. Assalamualikum kak. Makasih udah buat artikel seputar HI jd terobati Penasarannya. Kak, menurut kakak giman si tips anak ipa lolos HI. Maaf kak kalo kepanjangan πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, haloo nanti aku bikinin post nya tersendiri yaa. karena emang ada banyak pertanyaan tentang ini juga nih. Makasih juga udah baca blog aku :))

      Hapus
  24. Kak aku anak SMK jurusan Perhotelan, kira - kira bisa masuk HI gak ya? Soalnya aku suka banget sama isu² internasional, politik, belajar bahasa, ekonomi, sejarah. Asik ngeliat orang² di kemlu:v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, jaman aku kuliah bisa ko temen temen aku juga ada yg dari SMK jurusan bahasa, multimedia juga ada.. Semangaaat yaa, cari cari referensi yg banyak aja untuk masuk HI okee

      Hapus
  25. Assalmualaikum kak. Salam kenal buat kakak dari aku yang mahasiswi HI juga semester 4😁. Suka bangett sm blog kakak soalnya membuat aku semakin semangat di jurusan ini. Mungkin kalo ada waktu nya kak rifka bisalah sharing"pengalaman kakak selama kuliah di Hi soalnya pengen banget punya relasi dengan senior"alumni jurusan seperti kakak😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Dini, slaam kenal juga dari aku.. wah udah semester 4 semangat yaaa 😊 boleh ko kalo mw sharing bisa DM aku di rifka.malik yaa. Makasih juga udah baca blog aku ❣

      Hapus
  26. Hai kak Rifkaa,thankyou banget ya kak buat tulisannya❣ Bener-bener ningkatin mood aku lagi buat milih HI. Sebelumnya aku ragu banget soalnya passing gradenya tinggi dan nilai rapot aku kayaknya nggak memadai buat ikut jalur SNMPTN kayak kakak 😭 semoga tahun depan aku bisa jadi MABA HI, aminn πŸ™

    Anw, kakak jurusan HI dari univ mana ya kak kalo boleh tauu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Kezia, semangaat yaaa semoga lancar semua proses jadi mahasiswa nya. Jangan gampang nyerah juga banyakin doa ya, semoga dikasih yg terbaik πŸ˜‡

      Thank you juga udah bacain blog aku, kalo mw ngobrol" juga bisa chat ke IG aku di @rifka.malik yaa 😊

      Hapus
  27. Halo kak , apakah masul jurusan HI itu harus bisa bahasa Inggris supaya lolos masuk jurusan HI, kalo jadi staff kedutaan besar harus ngambil jurusan apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Alya, kalo mw lolos tergantung jalur apa yg kamu pilih buat tes masuk HI nya. Bahasa Inggris setau aku pasti ada deh di setiap tes jurusan 😊 Jadi siapin aja yaa, banyakin cari tahu sekarang tes masuk HI gimana. Materinya apaan aja, kalo aku dulu ikutan bimbel soalnya aku juga dulu anak IPA, dan HI ada di kelas sosial.

      Kalo untuk jadi staff kedutaan besar kamu bisa cek di website ato social media kemenlu, suka ada info lowongan pekerjaan dan jurusan yg dibutuhin ☺ Semangaaat!

      Hapus
  28. Hi.. kak rifka kenalkan aku kabil dan baru saja jadi maba HI di upn veteran jakarta, oiyaa terima kasih bgt kak ud sharing tentang HI jadi aku yg maba ini tau sedikit lah yaa istilah2 di jurusan ku makasih bgt aku bakal baca tulisan berikutnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kabil, salam kenal yaa :) waah congratulations then! semangaat, all the best semoga menyenangkan yaa selama kuliah..

      banyakin pengalaman jadi mahasiswa HI hehe thank you juga udah bacain blog aku, sure click aja tag International Relations ntar muncul semua post aku yg ada HI nya 😊

      Hapus
  29. haii kak aku skrg kelas 3 sma dan pengen masuk HI, kalau prospek kerja di HI Kira2 gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi makasih yaa uda bacain blog aku, pertanyaan ini udah pernah aku jawab di post International Relations yg lain btw :)

      Kamu bisa cek di tag International Relations untuk semua post tentang HI trus bisa juga baca yg Frequently Asked Questions tentang HI yaa. Good luck!



      https://www.rifkamalik.com/2018/09/frequently-asked-questions-tentang.html

      Hapus
  30. Kak kalau ingin masuk HI apakah harus bisa berbahasa inggris

    Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, pertimbangannya adalah ada kelas" juga literature yang digunakan itu bahasa Inggris. Tapi yg penting lolos dulu aja jurusan HI nya dan waktu tes ambil jalur apa, banyakin baca mata pelajaran yg jadi tes juga ya, nanti sambil belajar lagi waktu kuliah.

      Pasti ada kelas bahasa atau lab bahasa atau ada club bahasa, ikutan aja biar makin jago :)

      Hapus
  31. Halo kak... Mau nanya ni kak saya sekarang Kelas 3 SMK mau persiapan masuk PTN tahun ini. Jadi kak saya kan cari2 seputar peluang masuk kuliah di PTN yang saya inginkan tapi ketika saya baca kalau indeks sekolah serta persebaran alumni di nilai saya jadi takut enggak lolos SNMPTN kak. Karna saya berasal dari salah satu sekolah di desa yang memang memiliki akreditasi A kak tapi tidak ada alumni sekolah saya yang pernah mendaftar atau pun berkuliah di PTN yang saya inginkan kak. Apalagi PTN yang saya inginkan itu diluar kota dan saya bersekolah di SMK jurusan akuntansi. Saya pengen banget kak ambil jurusan HI kak. Tapi balik lagi ke persyaratan diterima itu sedikit krna saya bersekolah di desa kak. Tolong sarannya kak terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi thank you udah baca blog aku ya, hmm untuk aspek penilaian sekolah juga alumni itu jadi pertimbangan khusus setiap PTN jadi soal itu cuma PTN masing" yg tahu seperti apa.

      Kalau menurut aku, coba deh tanya ke pihak sekolah bagian pengurusan siswa untuk masuk PTN, atau wali kelas mungkin, coba konsultasi tentang ini ya supaya ada dukungan juga dari pihak sekolah.

      Aku dulu pernah mau ikutan tes kedokteran dan ada beberapa hal yg aku konsultasiin ke sekolah trus dapet saran" juga bantuan gitu, siapa tau sekolah kamu juga mendukung 😊

      Terlepas dari itu, coba liat aspek lainnya, misalkan nilai, domisili, trus juga doa sama restu orang tua yg paling penting. Pengalaman aku selalu diskusi sama orang tua seperti apa, walaupun mereka mungkin ngga mengerti tentang HI, tapi hal" lain kaya jauh dari mereka boleh ngga, trus ada ngga keinginan mereka anaknya jadi apa nanti, itu sih sedikit yg aku bisa saranin.

      Banyakin doa juga ya biar dimudahin semua urusan kuliahnya, good luck dear ❣

      Hapus
  32. Hai kak, aku SMK jurusan akuntansi dan aku tertarik dgn jurusan HI.

    aku mau tanya, apakah sebelum masuk HI kita harus sudah lancar bahasa Inggris ka? (aku blm terlalu lancar speaking).
    Dan apakah nanti akan banyak belajar bahasa asing juga ka?

    Terimakasih, mohon jawabannya kak

    BalasHapus
  33. Hi, thank you uda baca.. ini jawaban aku copy dari 2 pertanyaan sebelum kamu yaa :D

    Pertimbangannya adalah ada kelas" juga literature yang digunakan itu bahasa Inggris. Tapi yg penting lolos dulu aja jurusan HI nya dan waktu tes ambil jalur apa, banyakin baca mata pelajaran yg jadi tes juga ya, nanti sambil belajar lagi waktu kuliah.

    Pasti ada kelas bahasa atau lab bahasa atau ada club bahasa, ikutan aja biar makin jago :)

    Di kampus aku kelas bahasa asing dihapus jadi ngga ada, bisanya ikutan kelas mandiri di lab bahasa ato kursus gitu, good luck yaaa !

    BalasHapus
  34. Halo kak.. mau nanya ini kak apakah kakak mempunyai teman yang lulusan SMK akuntansi tapi bisa masuk Hi kak? Kalau ada saya minta kasih tau orangnya dong kak biar saya tanya2 ke dia.ohh iya kak minta sarannya bagaimana saya bisa tetap optimis dengan keinginan saya untuk bisa lulus di UGM karna sekolah saya memang belum pernah ada alumni didalamnya akan tetapi sekolah saya memiliki akreditasi A Dan Alhamdulillah saya selalu mendapatkan juara kelas dan juara umum disekolah.. bagaimana ya pendapat kakak kakak semuanya apaa saya bisa lulus jalur SNMPTN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi sorry aku ngga hafal siapa yg jurusan SMK nya akuntansi.. banyakin persiapan aja skg tesnya kaya gimana, good luck yaa :)

      Hapus
  35. Halo kak..mau nanya nih kalo dari jurusan SMA IPS bisa masuk HI gak kak????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, kalo HI kan jurusan sosial nih jadi harusnya kamu lebih punya peluang soalnya uda belajar banyak waktu sekolah.. aku juga belajar IPS lagi di bimbel waktu mw tes HI dulu:)

      Hapus
  36. Kak kalo semisal HI nya adalah PTS apakah bisa ikut agenda seperti yang kaka ceritakan di atas, yang perkumpulan mahasiswa HI, perkumpulan untuk membahas isu internasional apakah yang mahasiswa PTS bisa ikut?
    Sama 1 lagi kak
    Apakah di HI ada mapel mtk dan hitungan? Dan kalau ada apakah mudah? Sulit? Or Sulit banget?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, sure bisa dong agenda HI untuk semua mahasiswa HI baik PTN ato PTS ya .. kalau Math ngga ada, adanya nanti statistik untuk hitungan, tapi itu juga ada semacam aplikasi gitu jadi ngga sulit :) Semangaaat..

      Hapus
  37. Halo kakk, Alhamdulillah aku udah keterima di jurusan HI lewat jalur sbmptn, di tiktok banyak alumni HI/anak jurusan HI yang nyesel masuk HI, dan bilang kalo prospek kerja HI itu ga signifikan alias sempit terus katanya kalo di HI itu kita gabakal ngedapettin skill khusus gitu, soalnya HI itu umum banget gak fokus ngebahas / mempelajari satu hal, jadinya bakal ngambang dan ngebingungin, tanggapannya dong kakk. maaciwwwwww

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai congratulations πŸ‘ semoga lancar yaa kuliahnya ^^ kalo aku bersyukur banget jadi mahasiswa HI karena banyak kesempatan yg bisa aku rasain yg mungkin ngga semua orang bisa dapetin.. kalo soal kesempatan kerja juga aku ngerasa peluangnya justru lebih banyak karena aku udah rasain sendiri, misalnya jadi secretary di international chain hotel untuk expatriate di mana mereka ngeliat aku sebagai anak HI dengan pengalaman kuliah yg warna warni if I may say :)

      Well, suka ngga suka itu balik ke diri kita emang, mau serius engga, mau ambil peluang ato engga atau kalau ngga yakin lebih baik jauh sebelum bikin keputusan pilih jurusan.. karena temen aku juga banyak yg belum kuliah dimulai aja udah pada pindah karena ngerasa HI berat..

      Ilmu social emang luas banget kan cakupannya termasuk HI, tapi banyak ko hal spesifik yg bisa dipelajarin. Tentang skill juga, misalnya kamu suka kelas Diplomasi nih dan mau belajar banget, nanti skill untuk public speaking, critical thinking, lobbying etc bakalan keasah jg ko..

      Aku cerita dan sharing semua hal yg aku alamin ya, jadi setiap orang juga bisa kasih cerita dan pendapatnya juga :) dan pengalaman mereka ngga bisa disamain karena effort dan chances yg didapet belum tentu sama.

      Btw kalo mw sharing lagi feel free to contact me 😊

      Hapus
  38. Terimakasih ceritanya, aku akan berusaha lagi buat belajar utbk dan memahami Materi UTBK dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, makasih juga udah baca ya. Gudluck then 😊

      Hapus
  39. Hai ka, aku mau tanya dong aku mau daftar beasiswa nih antar mau ilkom sama HI, sebelumnya aku pernah kuliah jurusan ilkom walau baru 1 tahun, tapi sekrang aku tertarik sama HI, di sisi lain aku takut, takut nilai ku turun dan beasiswaku di cabut pihak kampus, menurut Kaka gmna apa ilkom sama HI agak keterkaitan,Napa belajarr HInsesusah itu atau gmna ka, lagi ga percaya diri banget takut ga keotakan terus nilai turun tapi aku bener2 tertarik sama HI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai 😊 thank you ya udah baca blog aku..

      Sebenernya aku ngga begitu paham tentang jurusan lainnya atau Ilmu Komunikasi kaya gimana, jadi ngga bisa kasih perbandingan nih. Tapi kalo soal HI selama aku belajar ada materi tentang Komunikasi.

      Misalnya Komunikasi Internasional, ada Public Relations kaya gitu.

      Nah saran aku coba cari tahu aja dulu di kampus kamu kaya gimana, bisa tanya2 mahasiswa HI di sana, atau konsultasi mungkin dengan bagian beasiswa juga kalau misal pindah jurusan gimana ke depannya.

      Aku ngga bilang susah juga ngga bilang gampang ya, karena relatif balik lagi ke niat juga semangatnya. Kalau serius dan suka apa yg dilakuin pasti bisa ko :)

      Aku ada beberapa referensi tulisan lain tentang HI bisa klik di tag International Relations / University di atas bagian judul.

      Ohya karena ada beasiswa yg harus dipertahanin, bikin pertimbangan nya jangan keburu2 ya. Bisa discuss dulu sama orang tua mungkin, plus doa jangan lupa ^^

      Semangaaaat πŸ™†‍♀️ Apapun pilihan nya nanti semoga bisa jadi yg terbaik yaa

      Hapus

Hi, feel free to leave your comments here :)

Xo, Rifka Malik