Senin, 11 Desember 2017

# International Relations # Tips

CERITA MAHASISWA HI (HUBUNGAN INTERNASIONAL) PART II



Assalamualaikum..


Finally uda bikin lagi cerita tentang mahasiswa HI part II nyaaa :D

daaaaan karena di post sebelumnya ku bilang bakal cerita how to get a chance ((tips)) entah agenda nasional kea PNM juga PSN ataupun exchange ke luar negeri.. So yaaaaa just keep reading this till night -kidding😊  till end doang kalii ..


Ohya tips ini berlaku untuk keduanya yaaa, karena saling mempengaruhi banget satu sama lainnya guys.


Let's get started here πŸ‘‡πŸ‘‡


Pertamaaaa, Jadi laaah mahasiswa yang RAJIN



Kenapaaa ? Karena kalo pinter doang, tapi ngga rajin kuliah, ngga rajin baca ato belajar apalagi ngga rajin dateng waktu UJIAN kan bisa bahaya banget .. Coba deh niatin lagi hatinya apa sih yang pengen didapetin dari kuliah ? Masa ijazah doang, padahal kuliah juga uda ngga yang padet banget dari pagi sampe sore, yang harus duduk terus dalem kelas kea waktu masih sekolah dulu. Berusaha lah jadi versi terbaik dari diri kita di setiap fase nya. Naah jaman kuliah harus lebih rajin lagi dari jaman sekolah esema dulu yaaaaa, rajin dalam hal yang positive loh bukan kebalikannya rajin mabal.... Rajin check agenda PNM juga PSN bakal diadain kapan, biar bisa prepare buat ikutan seleksi di kampus plus ada ngga program ke luar yg di offer ama kampus kita. Juga bisa cari" program  exchange ke luar negeri yang diadain sama kementerian. Rajin baca juga bisa di bilang jadi hal yg nggaboleh engga so wajib dilakuin. Karena dari banyak baca, juga bisa bikin kita tahu kalo ada lots of opportunities yang bisa kita manfaatin :)) 


FYI, ku bilang kea gini bukan asal bilang juga karena aku uda ngerasain banget hasilnya. Awal kuliah dulu aku yang masih kebawa jaman SMA yang belum sepenuhnya menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan yang baru (juga masih suka santai) IPK ku di angka 3.6xxxx


Tapi setelah berpikir lagi karena ada yang bisa lebih dari itu, tapi kenapa aku engga ? Akhirnya aku mulai niatin buat lebih rajin lagi, rajin baca banyak* nggaboleh males walopun suka tiba* uda tidur nyenyak di atas buku πŸ˜” .. Tapi namanya juga usaha, kadang suka berat di awal tapi lebih mudah dijalanin kalo kitanya uda niatin buat rajin ;) Ah tapi baca buku mah ngga jaman, masih males kalii.. Okay cobain cari cara yang lebih kreatif kea nonton video sesuai materi kuliah misalnya.... atau ajakin aja temen ngopi" gaul, sekalian deh ngumpul trus diskusi juga.. Surely ada cara lain ko yang bikin kita lebih tertarik buat ngga males.

And I got straight A for all subjects, 4.00 GPA till end



[ Baca Cerita Mahasiswa Hubungan Internasional Part I ]


Keduaaaa.  AKTIF di kampus guys πŸ’ͺ



Aktif di kegiatan kampus ngga akan bikin kita jadi rugi sama sekali. Apapun kegiatan yang berdampak positive buat kita jangan pernah ragu untuk coba berpartisipasi. Ikutan HMJ misalnya, atau kalo ngga suka bisa ikutan study club, language club, hair and beauty class kalo ada etc etc .. Banyak hal yang bisa dilakuin guys, mau ikutan volunteer buat acara amal, ikutan lomba lomba debat juga boleh banget.


Lakuin hal yang kita juga emang suka dan pengen belajar. Aku mah anaknya ngga bisaan, jadi suka ngga mau kalah ama yang lain. Dulu aku ikutan english club level universitas walo ngga lama karena jam nya ngga bisa nyesuain, trus HIMAHI juga di semester yang uda mau kelar.. Ikutan seleksi essay ato paper yang diadain di kampus ato lembaga lainnya. karena dengan gitu bisa berlatih buat nulis yang bagus, awalnya belom tahu tapi lama lama kita terbiasa nulis kan akhirnya dan bisa lolos seleksi.. Selain itu aktif di kelas juga penting yaa, kalau lagi diskusi jangan takut buat berpendapat tapi dengan cara yang baik juga bener, dengan sebelumnya uda baca ato review bahan diskusi nya.. Jangan keukeuh sama pendapat kita juga kalo ngga ngerti bener ato salahnya, pokonya harus bisa dipertanggungjawabkan yaaa. .


Mengenai aktif di kampus ini ku mulai dengan coba ikutan seleksi PNM sejak semester awal kuliah, waktu itu untuk PNM di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Seleksinya bikin paper karena kalo pake IPK kan belom bisa lagian baru banget kuliahnya juga.. Sok ide banget kan berani bikin paper, kuliah aja baru? Nah pikirannya yang harus dibenerin, bukan berarti anak baru ngga bisa dong.. Pokonya usaha dulu waktu itu yg kupikirin dan alhamdulillah ada kaka angkatan yang mw ajarin.. Berangkat deh akhirnya mahasiswa junior ini ke Bandung, dan langsung ikutan Short Diplomatic Course. Tempatnya keren lagi, di salah satu tempat bersejarah yaitu di Museum Konferensi Asia Afrika. Just dont limit yourself to aim high !


Ketigaaaa, IMPROVE your ENGLISH



Pasti uda pada tau juga kalo bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang paling banyak digunakan di dunia .. Nah makanya jadi anak HI juga penting banget bisa improve bahasa Inggrisnya, karena banyak kesempatan yang require Bahasa Inggris yang bagus. Apalagi kalo mau ikutan program exchange, ngga mungkin juga pake bahasa negara masing-masing ya kan. Atau kalau mau lebih jago lagi bisa belajar bahasa asing lainnya, terutama bahasa yang digunakan dalam sidang PBB. FYI ada enam bahasa resmi yang digunakan dalam persidangan juga dokumen resmi PBB, yaitu Bahasa Arab, Mandarin, Inggris, Perancis, Rusia juga Spanyol.



Keempat,  MANAGE your TIME WELL



Setelah rajin juga aktif apalagi kalo bukan pinter me-manage waktu.. Bayangin harus kuliah, nugas, main ato jalan, belajar, aktif organisasi, belom lagi punya hobby yg addictive, kea nge game (misalnya loh ini mah) Kalo uda pinter bagi waktunya pasti baik baik aja.. Tapi kalo kita ngga bisa manage waktu dengan baik justru yang ada bakal kerepotan sendiri trus takutnya malah ada yg ngga jalan ato ngaruh ke nilai di kelas.. Ntar capek iya, kesel juga iya dong..


Nah ngga mau kan kea begitu yaa, jadi tipsnya coba deh bikin schedule per week ato per day biar ngga ada hal yg kelupaan dan bisa bikin stick to your own schedule. Kalo aku suka bikin schedule di note book, juga notes di hape. Ato biasanya juga ditempel deket tempat yg biasa diliat, deket kaca misalnya ato deket tempat tidur. Jadi gampang banget keliatan ama mata. Uda gitu banyak juga DIY notes yang bisa bikin lebih menarik untuk kita tulis notes, jadinya ngga bakal bosen kalo mw bikin schedule juga check lagi setiap harinya.



Kelimaaa, CHALLENGE yourself!



Why must you do that? Karena kita harus berani ambil tantangan untuk tau seberapa jauh kemampuan terbaik yg kita punya.. Kadang dengan challenge itu kalo kitanya ngga gampang nyerah justru bisa bikin kita jadi lebih ahli ato dapetin yg ngga kebayang sekalipun..


Ceritaku tentang ini salah satunya  adalah awal cerita aku aktif jadi emcee di seminar-seminar, baik national ato international one .. Bukan cuma di jurusan tapi juga universitas. Awalnya diminta bapak dosen yang juga jadi head of PR di kampus untuk jadi emcee semi formal yang berbahasa Inggris, waktu itu untuk gala dinner penutupan kunjungan dari salah satu Prefectural University di Jepang.. Padahal belom pernah kalo yang level uni kea gitu, ngga tahu banyak juga. Tapi kesempatan ngga dateng dua kali kan, so i wanted to prove myself back time. Alhamdulillah sampe selesai acara  ngga ada halangan apapun, dikasih kelancaran juga dapet fee.. Hihihi tapi bukan fee itu juga yg paling penting. Pengalamannya luar biasa bisa ketemu beliau-beliau yang hebat dari berbagai jurusan di kampus plus yang dari Jepang.


Nah setelah jadi emcee di gala dinner tadi, akhirnya jadi sering deh emceeing acara acara level international yg banyak kasih ilmu juga ketemu para profesional dari luar bidang HI. Hal yg lebih di luar dugaan lagi sejak berani buat challenge myself jadi emcee adalah aku dapet kesempatan ikutan seleksi Winter Camp ke negeri Ginseng, Korea Selatan.. Gimana ceritanya ? I'll make it separately just for this winter camp edition yaa guys 😊



Last but not least, kekuatan DOA and stay POSITIVE ..



Setelah semua yg dilakuin adalah segala yg terbaik yg kita bisa, hal yg penting ngga boleh lupa adalah doa. Apalagi kalo bisa minta doa orang tua untuk setiap usaha yg kita mulai, jangan remehin setiap doa yaa. Juga jangan sedih ato bete kalo doanya belom dikabulin. Yakin aja selalu ada jalan buat yg mau berusaha juga berdoa πŸ˜‡ stay positive kalo usaha ngga bakal jauh dari hasil.




So they're the simple tips to get the chance and super easy to do right ? I prove it myself, and no doubts at all ❤❤

⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿⟿

Thank You for stopping by and for reading this little sketch of me. Hope you find something helpful. :DD   
πŸ’Œ Rifka Malik


•feature image by unsplash

13 komentar:

  1. Assalamualaikum warahmatullah teh,
    Mau nanya nih gimana ya caranya membuat paper untuk PNM tu teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatu πŸ™ haloo, sebelumnya di kelas uda bikin paper kah ? nah ini papernya buat seleksi ato uda buat tim diskusi ilmiah ? ✌ Hampir sama ko, yg pasti riset dulu sih pertama.. tema PNM yg mw diikutin apa, nah masalah yg penting untuk diselesaikan apa, karena kan PNM juga bukan sekedar pertemuan biasa.. ntar hasilnya bisa jadi saran kebijakan untuk pemerintah kita 😊 jadi mending bikin paper nya menuangkan ide/solusi yg pengen kita tawarkan untuk suatu masalah bersama gitu loh.. kumaha atuh ini jelasinnya bisa panjang, kalo mw boleh sharing by DM we hihi 😊

      Hapus
  2. kak apa benar orang lulusan hi susah cari kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, kata siapa nih ? 😊 setahu aku kalo lulusan HI justru diliat sebagai lulusan yg kompeten .. karena bisa masuk di banyak bidang, juga balik lagi ke usaha sama garisnya masing-masing orang kea gimana.. jadi bukan berarti kalo satu aja sarjana HI yg susah dapet kerja trus semua lulusan HI dianggep susah kerja, ya kan ? :)

      Temen* HI aku justru profesi nya macem* ada yg bisa jadi reporter, staf ahli DPR RI, hoteliers, bankers, etc .. aku sendiri juga bisa jadi secretary untuk expatriate GM :)

      Menurut aku semua sarjana bakal menghadapi tantangan yg sama, yaitu cari kerja. Karena sarjana yg lulus jumlahnya puluhan ribu misalnya, sedangkan lapangan kerja yg tersedia ngga sebanyak itu. Pinter pinter kita aja untuk jadi sarjana yg kompetitif di dunia kerja. Ya ngga ?

      Semoga menjawab yaa, cheers ☺

      Hapus
  3. assalamualaikum teh.. mau nanya.. pernah merasa putus asa ngga teh waktu kuliah di HI?
    trs cara mengatasi nya gimana teh? trimakasih teh :)

    BalasHapus
  4. assalamualaikum teh.. mau nanya.. pernah merasa putus asa ngga teh waktu kuliah di HI?
    trs cara mengatasi nya gimana teh? trimakasih teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, :))

      Haii, kalo ngerasa down pasti pernah namanya juga kuliah ada aja masa cape nya. Apalagi kalo soal TA ato skripsi.

      Tips aku biar bisa balik semangat lagi nih, istirahat bentar dari apa yg dikerjain, entah tugas, skripsi ato apapun. Jangan dipaksain kalo lagi jenuh, tar yg ada malah makin pusing.


      Coba deh lakuin hal lain yg ngalihin pikiran, misalnya ngobrol sama keluarga, main sama temen, ato kalo aku sukanya *having me time* sendirian aja jalan, makan, treatment ke salon, shopping, ato tidur sambil dengerin musik. Nah kalo udah happy baru ngerjain lagi, sambil semangatin diri sendiri.

      Penting juga nih, set goals kamu apaan. Kalo aku harus bisa lulus cepet misalnya biar bisa banggain orang tua juga keluarga.

      Juga yg harus kamu tahu dan atasin, sebenernya apa yg bikin putus asa di HI, kelas kah ? Temen kah ? Ato diri kamu sendiri ngerasa jenuh ?

      Kalo kelas, materi dosen tugas emang harus dihadapin, semangatnya justru harus makin gede biar cepet kelar. Kalo temen, yauda nyari temen lain yg bisa kompak dan ngertiin kamu, jangan mikirin temen yg rese ato ngeselin, nah tapi kalo masalahnya diri kamu sendiri, kamu paling tau apa yg harus kamu lakuin, usahain untuk berdamai dengan diri sendiri biar bisa hadapin rasa galaunya.

      Kalo boleh bilang juga banyak* bersyukur, karena ngga semua orang bisa jadi mahasiswa HI kaya kamu.

      Semoga makin tenang yaa hatinya, semoga bisa semangat lagi, Take your time, but never give up. Kalo mau contact aku bisa ko by DM ke @rifka.malik ato ke email juga boleh, aku bakal seneng ngobrol selama bisa bantu apapun itu. Okaaaaaaay

      Hapus
  5. Halo kak aku kan rencananya mau ambil jurusan hi, tapi aku maish ragu kak apa aku bisa ngikruib materinya, pokoknya mah ragu kitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo jugaaaa,

      Kalo belom dilakuin mah emang nggabakal tau bisa ato engga, tapi kalo emang suka ngapain harus ragu ?

      Dulu aku juga nggatau HI kaya gimana, cuma tau belajar aja pokonya ambil les kelas IPS pas lulus SMA di bimbel.

      Gimana caranya biar lulus, bisa masuk univ nya dengan pilihan pertama HI.


      Kamu jugaaa gitu, usahain fokus sama tujuan kamu, semangaaat, ulah banyak*in ragu nyaa, banyakin we lagu yg bikin bahagia πŸ˜†

      Gudluck yaaa btw, semoga jadi HI mates kece masa depan

      Hapus
  6. Assalamualaikum kak pertama aku mau ngucapin terimakasih banyak ya blognya membantu banget dan inspirational bgt tampilannya juga lucuu. Kak aku kelas 3 sma kak jurusan IPA yang juga pengen ke HI kak . Sebenernya aku udah pengen ke HI dari smp cuman bodo bgt aku ke IPA g tau lagi :( dan aku baru nemuin dan nge pasin passion dan jati diri aku pas awal kelas 3 an kak . Aku juga galau bgt kemaren2 dan pada akhirnya aku nentuin aku bakal ke HI alias rumpun soshum buat sbm nya . AKu nyicil kak dari akhir tahun insyaallah tapi aku masih takut kak aku selalu kepikiran tiap malen pengen bgt kak , tapi aku sebel kalo temen temen dan ortuku kadang bioang kalo HI susah cari kerja dan g dibutuhkan banyak lagii yaa aku jawab kayak diatas komen kakak sii ehehe aku sempet nangis juga . Karena ortuku pengen aku ke FK si kak cuman akhirnya mereka juga gpp aja kalo ini passion aku . Aku dpt tiket snmptn kak dan aku nekadtin pil pertama aku HI kak dan masukin sertifikat juara 2 tingkat kabupaten lomva debat bing . Tapi aku ga berharap snmptn si kak aku malah fokusin dan pengen sbm tapi aku takut kalo aku g bisa ngejaf materi kak , aku mau tanya kaka dulu dpt dari jalur apa dan gmn kaka belajarnya ? Makasiih banget kak maaf panjang kalo ada youtube aku bakal nonton kak ehehe makasih kak sukse sterus semoga makin jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam adeee, hehe waaah senengnya ada yg muji blog aku lucu ☺☺ makasih yaaa udah bacain juga..

      Btw ini sih keren udah bisa nentuin pengen kuliah di jurusan apaan mulai dari SMP, aku mah apaan ngga mikirin sama sekali .-. Tapi alhamdulillah kalo udah jalannya mah Insya Allah dimudahin.

      Well, emang orang tua pasti pengen yg terbaik apalagi untuk anaknya, nah karena akhirnya dapet restu ke HI kamu harus makin semangat juga kasih liat kalo pilihan kamu ngga salah. Banyak hal yg bisa dilakuin anak HI yg mungkin belom tentu bisa dilakuin mahasiswa jurusan lain.

      Biar makin semangat, Kaka angkatan aku jga ada yg kuliah sampe S3 di Eropa sana loh, pake beasiswa pula. Jadi kalo kitanya semangat dan punya motivasi gede buat sukses dengan jurusan HI mah Insya Allah pasti ada jalan.


      Ohya ngejawab pertanyaan kamu, dulu aku ambil tesnya SNMPTN ko. Trus baru belajar IPS waktu abis lulus SMA, jadi langsung ambil kelas persiapan SNMPTN di bimbel, soalnya ada try out ato simulasi tes nya gitu. Lumayan banget ngebantu buat siap mental juga tes yg nentuin masa depan.

      Belajar buat lulus tes dengan ngerjain banyak soal, tapi juga ngga yg nge push diri sendiri banget. Karena kesehatan tubuh juga pikiran penting banget waktu tes, apalagi tes nya kan bakalan lama prosesnya. Biar ngga pingsan jadi kesehatan paling penting dijaga, okeeee 😘

      Semangat yaaaaaa, May Allah bless you all the way sampe bisa lulus HI nya 😊😊

      Kalo mau contact aku bisa ke IG : @rifka.malik yaa kali aja ada yg mw ditanyain ato ngobrol tentang HI, feel free to chat me ✔

      Hapus
  7. ka aku mau tanya klo skill bahasa inggris aku belum cukup pa bisa masuk jurusan HI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii Nindy, kalo kamu pengen banget masuk HI ngga perlu khawatir soal bahasa Inggris nya jago ato ngga.

      Belajar aja buat soal* tes masuk HI termasuk soal bahasa Inggris nya. Biar kebiasa sama soal yg biasanya punya pola sama.

      Untuk mata kuliah ato kelas yg menggunakan bahasa Inggris nanti pasti lama lama bakalan ngikutin asal kamu terus belajar.

      Materi juga bisa dibawa balik trus cari terjemahan nya di google sambil paraphrase (semoga nanti diajarin ini juga di kelas ama dosen HI :D )


      Intinya jangan takut untuk apa yg pengen kamu dapetin, usaha aja dulu okaaay


      Aku nggabisa bilang oh bisa ko ato nggabisa masuk HI, itu di luar kapasitas aku. Aku cuma bisa share apa yg aku tau juga kasih semangat biar ngga nyerah sebelum mencoba hehe termasuk jadi mahasiswa HI


      Semoga menjawab yaa, makasih juga udah bacain blog aku.

      Cheers

      Hapus

Hi, feel free to leave your comments here :) and please note that I'll be happy to read and reply, but any inappropriate comments will be removed immediately. Don't forget to click "notify me" to inform you any response. Thank you for reading, hope you'll find something helpful. Xo, Rifka Malik