HAIR CARE ROUTINE WITH NATURAL PRODUCTS




Hair care



Today's post gonna talk about easy and healthy hair care routine with natural products.
Kalau di post sebelumnya uda aku tulis tentang apa aja perawatan rambut sehat yg mudah dilakuin in general, nah untuk post kali ini bakal lebih spesifik ke produk alami yg bagus banget buat kesehatan rambut. 
Let's go..

1. Coconut Oil

Coconut oil ini bagus banget buat kesehatan rambut, manfaatnya luar biasa nih aku kasih :

- Bisa bikin rambut jadi lebih lurus
- Gampang banget diatur
- Mempercepat tumbuhnya rambut
- Mengatasi ketombe
- Melembutkan rambut
- Rambut jadi lebih berkilau
- Anti frizz

Coconut oil ini kalian bisa beli di apotek atau supermarket dan yg aku pernah beli di apotek itu warnanya bening, ada wanginya wangi khas manis manis kelapa gitu, enak ko (karena selain untuk penggunaan luar juga memang bisa diminum buat kesehatan tubuh). Baca dulu kegunaan nya tapi yaa, biar ngga salah.

Cara pakainya tinggal dituangin ke tangan, usapin ke kulit kepala sambil di massage ringan trus apply juga ke helaian rambut kalian. Diemin sekitar 10-15 menit, trus bilas sampai bersih.. 

2. Olive Oil

Kalau olive oil mungkin uda lebih gampang dicari, karena banyak dijual juga di minimarket" yg ada mart mart nya.. and biasanya yg lebih bagus adalah pure olive oil, bukan yg untuk massage loh. Karena kalau yg untuk massage khusus buat kulit gitu kan jadi beda fungsinya.

Kalau olive oil ini warnanya juga bening cuma lebih ada warna hijaunya atau kekuningan juga, wanginya yah wangi produk herbal. Karena produk alami, kalau salah naronya di tempat yg ngga sesuai wanginya bakal jadi aneh ngga jelas. Ini juga pengalaman sih .-.

Manfaat olive oil sendiri uda ngga perlu dipikirin lagi kali ya karena sejak zaman baheula manfaat nya uda terkenal banget bahkan jadi kesukaan ratu" jaman dulu kala untuk masalah perawatan kecantikan tradisional. Olive oil ini bermanfaat banget buat hydrating juga untuk hair growth.

3. Vitamin E Oil

Vitamin E ini selain bisa diminum bisa juga diaplikasikan ke rambut kita secara langsung guys. Belinya juga uda gampang banget, ngga pakai mahal..

Beberapa manfaat vitamin E ini misalnya untuk pertumbuhan rambut, membantu mengatasi masalah rambut bercabang, meremajakan rambut, etc. Karena rambut yg ngga terawat apalagi sering terkena bahan kimia like bleaching gitu bisa bikin rambut kehilangan nutrisi nya, jadi bisa rusak parah sampe mudah patah dan membuat kebotakan. 

Warnanya lebih ke hijau gitu, aga mirip olive oil sih, cuma tergantung merk nya apaan kali yah yg dibeli.. wanginya sedikit ada wangi obat. Nah btw karena satu butir isinya dikit banget ngga akan cukup untuk semua helai rambut kan, jadi pakainya harus diakalin. How ? Baca sampai abis yaaa..

4. Putih Telur

Siapa yang suka putih telur? Put your hands up, me toooo aku tuh ngga suka kalau makan telur ceplok bagian kuningnya, jadi pasti dikasih ke tetangga yang duduk di sebelah. Okay skip, jadi putih telur ini selain biasanya dipakai buat maskeran (wajah yaa), ini tuh bagus juga buat jadi hair mask. Nah kalau misalnya ada telur di kulkas, apalagi telur ayam kampung. Cobain deh, ambil putih telurnya trus apply ke kulit kepala sampai helaian rambut juga.

Warnanya jelas pasti bening, trus wanginya juga amis banget, kalau ngga tahan pakai masker deh buat tutupin hidung. Nah kalau uda didiemin beberapa menit pasti kering kan, ngebilasnya pakai air anget dulu biar lebih gampang. 
Setelah itu dibilas lagi pake air dingin..

5. Madu

Madu, si manis yg satu ini juga bagus buat kesehatan rambut, selain buat kesehatan tubuh. Udah banyak banget produk kecantikan dan perawatan rambut yg bahan dasarnya menggunakan madu. Jadi kalau ada madu alami di rumah, jangan ragu buat merawat rambut yaa.. Caranya juga sama aja, simple, tinggal apply, leave on for some minutes and bilas.


DIY Hair mask with natural products

Bikin hair mask yg gampang banget dengan bahan-bahan di atas, selain emang bisa dipakai sendiri" tapi bakal lebih bagus kalau semuanya dibikin jadi satu buat hair mask di rumah.

DIY 1

Bahan :
1. Coconut Oil
2. Olive Oil
3. Vitamin E Oil

Cara membuat :
Siapin jar kosong yg uda dicuci bersih, (lebih baik yg ada tutupnya, karena kalau ada bahannya tersisa lebih aman dan masih bisa digunakan lagi tapi jangan lama lama ya) masukin setiap bahan dengan perkiraan sesuai keinginan, misalnya aja nih coconut oil 3 tutup botol, olive oil satu tutup botol dan vitamin E oil nya cukup satu butir. Aduk sampai tercampur rata. Langsung deh apply ke rambut dari kulit kepala sampai ujung helaian rambut. Leave on sekitar 10-15 menit.

Jadi aku pakainya setelah cuci rambut atau keramas, nah jangan pakai treatment lain dulu. Rambut dibiarin kering, setelah itu pakai DIY hair mask tadi dan dibilas pake air bersih aja. Sampe kita yakin uda beneran bersih, abis itu baru pake conditioner buat kasih kelembaban rambut lagi.

DIY 2

Bahan :
1. Putih telur
2. Madu

Cara membuat :
Pisahkan putih telur dari kuningnya, masukan dalam wadah plastik (biar lebih praktis) tambahkan madu beberapa sendok makan, setelah itu aduk sampai rata, biasanya aku aduk ngga sampai berbusa banget, apply ke kulit kepala juga helaian rambut. Leave on sampai terasa mengering, kemudian bilas. Ohya kalau ngerasa aga susah pakai tangan apply nya bisa dengan kuas biar lebih gampang. ;) 

Karena ini wanginya amis, jadi aku pakai sebelum keramas, setelah itu cuci sampai bersih dengan shampoo dan lanjutin dengan conditioner. Biar lebih yakin ngga ada baunya aku pakai hair tonic juga hair vitamin, baca hair care routine di post sebelumnya.

Okay, perawatan rutin dengan bahan alami gini lebih praktis karena bisa bikin di rumah, dan hasilnya bagus banget.

Manfaat buat rambut aku setelah perawatan rutin dengan hair mask ini rambut jadi semakin cepet numbuhnya, terasa jauh lebih sehat juga. Malah banyak banget baby hair yg tumbuh di deket dahi and I love that.

Well semangat yaaa, kalau aku sih daripada ke salon mending di rumah dilakuin sendiri dengan results yg bisa kita rasain langsung. Loads of happiness.  

Thank you for reading, see you !

xo

Rifka

•feature image by unsplash

2 comments

Hi, feel free to leave your comments here :)

Xo, Rifka Malik