BABY WEANING ESSENTIALS AND TIPS

 

mpasi 6 bulan

Kali ini mau share tentang peralatan mpasi punya baby Devanka nih, setelah baca banyak sumber dan beberapa kali add to cart trus remove trus add lagi πŸ˜… akhirnya beli yg beneran dibutuhin juga dirasa paling penting aja. Awalnya bingung pengen beli segala macem karena anak pertama rasanya semua serba pengen dibeliin. 

Buat new mom yg tinggal sendiri tanpa orang tua kaya aku, semoga bisa jadi referensi mom memulai mpasi  baby di usia 6 bulan yaa 😘  Semangat mommy πŸ™†‍♀️


High Chair 

mpasi bayi 6 bulan

High chair ini fungsinya selain untuk meja makan buat baby juga bisa melatih untuk duduk, untuk disiplin makan juga jadi baby terbiasa makan dengan tenang di mejanya. Nanti ini berguna loh sampai baby usianya lebih besar karena mom ngga perlu jadi Tom and Jerry untuk kasih makan baby. Ngga perlu kejar²an sambil suapin.

Setelah mulai mpasi sampe sekarang usia baby 1 tahun, High chair ini emang useful banget. Selain buat makan bareng sama parents juga bisa, trus setelah makan karena baby aktif suka gerak ke mana² kalau duduk di High chair bisa tenang dan pelan² makanan yg dicerna ngga bakal keluar lagi. Pengalaman aku kalau abis makan langsung merangkak, gerak sana sini tuh baby kaya mau vomit 🀒 jadi setiap kali makan biarin duduk dulu sambil nonton TV atau mainan di High chair nya. 

Model High chair ada banyak variasi dan aku pilih punya Baby does yg ini karena lebih kokoh juga modelnya suka buat baby boy. Ngga rame tapi cute buat baby. 


Multi Cooker 

mpasi bayi 6 bulan

Baby food maker ini aku pilih yg multi cooker jadi bisa untuk kukus, rebus, goreng makanan juga. Karena makanan bayi masih yg halus kan nah supaya lebih mudah masaknya ini bisa jadi pilihan mom di rumah. 

Ada food processor yg bisa sekaligus blender juga kalau mom pengen lebih lengkap, tapi aku pilih ini supaya bisa lebih lama aja mikirnya. Aku beli punya Baby safe multi cooker, sampai sekarang awet dan helpful kalau bikin makanan baby ngga ribet di dapur. Apalagi sendirian jagain baby di rumah nggabisa jauh lama² dari si kecil. 

tips mpasi bayi

Alat masak dari kayu punya pero ini aku beli untuk multi cooker Baby Safe soalnya lapisan cooker cuma bisa pakai bahan kayu atau plastik untuk sendok masaknya. 

kebutuhan mpasi bayi

Buat potong bahan makanan baby aku beli talenan sendiri khusus makanan baby biar lebih higienis dan kepisah sama makanan dewasa yg ada macem² kaya cabe dll. 


Blender mpasi

blender mpasi usia 6 bulan

Next ada blender mpasi, tekstur makanan baby masih perlu dihalusin dengan blender setelah dikukus atau lainnya supaya mudah ditelen. Nah baby crown blender ini mini trus aman juga karena harus beneran "klik" dulu baru bisa proses. 

Bisa untuk mpasi utama atau buah²an kalau bikin puree buah atau jus. Waktu awal mpasi setiap hari perlu blender tapi makin besar baby dan teksturnya naik sekarang dipakai kalau blend daging supaya lebih halus. Buah sama sayuran kaya jagung manis juga masih diblend. 


Alat makan 

alat makan bayi 6 bulan

Beli alat makan yg bisa ditutup juga ya, biar sekalian kalau bikin mpasi harian bisa simpen di kulkas. Aku juga beli food container, satu box ada 4 isinya. 

bahy weaning essential and tips

Ada juga sendok yg bisa buat belajar waktu awal mpasi, well learning spoon punya Dr Browns ini baby suka. Selain bentuknya lucu juga mudah digenggam trus bisa buat teether. 


Baby Food Maker 

mpasi bayi

Selain blender dan multi cooker untuk masak makanan baby ada food maker yg manual ini, lengkap ada parutan, alat saring, sendok penghalus juga. Kalau bikin puree jadi bisa lebih praktis. 

Lainnya yg aku beli dan selalu berguna diantaranya ini mom: 

• Gelas minum dengan sedotan
• Bib 
• Baby Tissue
• Olive Oil
• Baby Cheese (usia 8 bulan)
• Unsalted Butter (usia 8 bulan)
• Kaldu bubuk

Untuk produk dengan olahan susu sapi seperti keju dan butter, pastiin dulu tes alergi pada bayi ya. Waktu awal aku kasih sedikit dulu dan liat reaksi nya setelah makan, alhamdulillah baby aman jadi sampai sekarang masih konsumsi. 

peralatan yg perlu dibeli untuk mpasi

Tips mpasi baby 

Nah mommy yg baru mulai mpasi aku juga mau bagi tips yg aku cobain dan berhasil mpasi dengan lancar ♡

●Pertama kali mpasi, teksturnya masih halus semi cair dan ngga perlu banyak dulu untuk kenalin rasa dan makanan. 

● Kasih mpasi di waktu baby lagi ngga ngantuk dan bantuin bikin mood nya happy. 

● Pakai bib dan baju yg santai karena makanan bakalan ke mana mana. 

● Aku bikin mpasi awal pakai ASI untuk bikin teksturnya halus dan cair. 

●Sabar dan kasih waktu untuk baby mau makan, jangan dipaksa dan bikin waktu makan menyenangkan ya mom. 

Pertama kali makan dulu baby aku bikinin biscuit dengan ASI yg dihalusin dan cair gitu, trus sebelum makan aku becandain, sambil nyanyi juga main cilukba. Baby happy trus makan pelan pelan dan selama makan ceria semangat makannya. Alhamdulillah sampai sekarang makan ngga ada masalah kecuali kalau ngantuk ngga bakalan mau makan. 

Jadi mommy perhatiin juga waktu makan ya, kalau jadwal mpasi ngga harus strict jam sekian dan sekian, tapi sesuain sama mood juga jadwal tidur baby. 

Well, semoga lancar ya mpasi baby moms dan jangan bosen explore apa yg baby suka, terus belajar mengenal baby karena setiap anak berharga dan punya preference masing². 

Thank you for reading this, see you !

xo

Rifka 







0 comments