Selasa, 26 Maret 2019

# International Relations # University

INTERNATIONAL RELATIONS SUBJECTS



Assalamualaikum 🌸🌸🌸

Post kali ini bakalan ngebahas soal Hubungan Internasional lagi nih, karena banyak yg nanya juga DM. Terutama yg udah pada kelas XII ato udah mau lulus SMA dan pengen ambil kuliah di jurusan HI.

"Kak, mahasiswa HI belajar apa aja ?"

"Kalo masuk HI yg dipelajarin apa aja si ka ?"

"Belajar HI ada menghitung nya ngga kak ?" πŸ˜„

"HI itu belajar bahasa asing kah kak ?"

Nah itu tadi cuplikan beberapa pertanyaan yg masuk tentang rasa penasaran HI itu belajarnya apaan aja. Well then sebenernya aku udah pernah nulis beberapa di post HI yg lain. Tapi biar ngga penasaran lagi aku tulis deh gambaran apa aja yg bakal dipelajarin kalo jadi mahasiswa HI.


Freshman = Pengantar


Kalo masih freshman alias maba ato mahasiswa baru nih, pasti yg dipelajarin pertama adalah mata kuliah dengan awalan Pengantar- Jadi ada Pengantar Ilmu Hubungan Internasional ato PIHI, PIHI ini yang anak HI banget, alias wajib banget dimengerti di awal kuliah. Ada juga Pengantar Ilmu Ekonomi, Pengantar  Ilmu Hukum, Pengantar Ilmu Politik, Pengantar Sosiologi, Pengantar Teknologi Informasi. Trus biasanya maba dapet materi kuliahnya udah sepaket, jadi awal kuliah kelasnya udah dipilihin ama jurusan. Tergantung kali ya tiap kampus gimana kebijakan nya. Ini semua yg aku alamin sendiri .. Jadi masuk udah dapet paket SKS ato Sistem Kredit Semester.

Fyi aja buat adik adik yg belom tau, SKS ini bakalan jadi syarat untuk nanti kalo udah mau ambil Tugas Akhir ato Skripsi juga kalo mau ambil KKN. Misalnya nih kalo ambil TA, SKS minimalnya 140, nah kalo sampe semester 6 belom dapet 140 total SKS nya berarti harus ambil kuliah lagi di semester 7.  Usahain tiap semester SKS nya bisa dapet gede, yaitu maksimal tiap semester bisa ambil 24 SKS. Nah di setiap abis ujian semester, IPK bakalan nentuin banget untuk bisa ambil berapa jumlah SKS ini. Misalnya semester 1 dapet IPK 3++ , nah pas masuk semester 2 berarti bisa pilih mata kuliah dengan jumlah SKS 24. Juga kalo yg dapet di bawah 3 bisa ambil 21, ato bisa juga 18.

Kebayang ngga ? 😴Yaudah nggausah bingung soal beginian yaa, ntar juga bakalan dapet buku panduan mahasiswa ko. Jalanin aja dulu tes masuk HI nya sambil banyakin doa. Okaaaay :D  Ohya penting nih untuk tau kalo di Indonesia IPK maksimal itu 4.00 yaa, karena ada yg beda misalnya di Korea IPK maksimalnya 4.50  Bedanya apaan ? Tenang beb, ntar aku ceritain deh di post yg lainnya.



Teori Hubungan Internasional


Karena namanya juga belajar HI, pasti ada yg namanya Teori Hubungan Internasional. Ini penting banget untuk dipelajarin mahasiswa HI, biar bisa analisa berbagai macam hal, termasuk salah satunya adalah hubungan antar negara dan perilaku suatu negara. Bahasa dosen dosen aku dulu tuh, Teori HI ini bisa jadi kacamata juga pisau analisa. Kacamata untuk membantu melihat suatu hal dengan sudut pandang atau perspektif tertentu, nah kalau pisau analisa ini untuk memahami suatu hal dengan sangat sangat baik. Gampangnya mah begitu ya.

πŸ“šπŸ“°πŸ“„πŸ“‘πŸ—ž

By the way belajar THI ini tuh seru banget, jadi nanti anak HI bakalan familiar sama kata-kata realis, neorealis liberal, neoliberal, konstruktivis, dependency dll. Trus pasti anak HI juga banyakan suka condong pake satu teori untuk ngebahas fenomena fenomena, bahkan kejadian sehari-hari sampe bahan becandaan juga pada suka bawa bawa teori HI. Pastinya dengan bahasa yg cuma dimengerti anak HI. Misalnya :

"Ah kamu mah sukanya wishful thinking nih!"

"Doi emang anaknya aliran realis banget"

"Yakali, pake kacamata apaan bisa ngomong kaya begitu ?" de el el



Politik Pemerintahan = Studi Kawasan 




Oke deh, lanjut lagi kalo belajar HI juga bakalan ada namanya Politik Pemerintahan (PolPem), ini lebih ke studi kawasan misalnya Politik Pemerintahan Eropa, Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Australia, Rusia, Timur Tengah, Amerika Serikat, dll

Maksudnya adalah nanti di dalemnya ada pembahasan secara keseluruhan kawasan juga ada pembahasan masing masing negara yg ada di kawasan. Misalnya Asia Timur, ada China, Japan dan Korea. Nah kita bakal pelajarin nih masing masing negara tadi PolPem nya gimana, tapi di awal pasti gambaran umum tentang negara dulu yg dibahas, entah populasi, sistem pemerintahan, geografis wilayah dll. Setelah itu kita belajar hubungan politik, ekonomi, bahkan ada sejarah sampai isu terkini yg terjadi antar negara negara di kawasan secara keseluruhan.



PLN πŸŽƒ


Eits ini bukan PLN yg jaringan nya penting ada di rumah kita alias perusahaan listrik nasional hehe ini singkatan dari Politik Luar Negeri. :) PLN ini juga ada teorinya loh jadi HI mates bakalan belajar TPLN juga PLN di kelas yg berbeda. Aku ngga  akan nulis TPLN ato PLN ini lengkapnya apaan, tapi kalo mau jadi anak HI satu yg perlu diinget kalo Politik Luar Negeri negara kita Indonesia adalah Bebas Aktif. Note it yaaaaa guys. Ohya PLN yg aku pelajarin dulu PLN Indonesia juga PLN AS. 


International = Suffix

Nah kalo di awal semester ada namanya Pengantar di setiap awalan mata kuliah, kalo udah masuk semester" berikutnya anak HI bakalan belajar mata kuliah yg ada akhiran Internasional nya. Contohnya nih, kita bakalan belajar Ekonomi Politik Internasional, Ekonomi Internasional, Hukum Internasional, Komunikasi Internasional, Organisasi Internasional, International Development et cetra ..

🌍🌎🌏


Diplomacy 


Ini nih mata kuliah favorit aku, secara dulu pengen jadi Diplomat rasanya gede banget. Diplomacy ato Diplomasi ini tuh kelasnya super seruuuu, karena bakalan ada simulasi diplomasi di forum forum internasional gitu macem MUN, European Union, ASEAN ato apapun. Aku jadi inget pernah ada kunjungan Diplomat yg dateng ke kampus aku dulu, dan beliau adalah alumni juga. Anak anak HI yg ikutan kelasnya pasti pengen banget jadi Diplomat dan itu tuh rasanya udah paten banget. Apalagi kalo liat Paspor Diplomatik nya, wuaaaah it was zzzuuuuuper coooool.



Ngebahas Diplomasi ini juga HIMAHI jaman aku dulu pernah undang Kemenlu RI untuk adain semacem Simulasi Sidang ASEAN gitu. I was the Chairwoman by the way and I do miss that moment so much. Seneng lah jadi anak HI tuh kesan kesannya luar biasa buat aku, aku juga bersyukur banget bisa jadi bagian dari Hubungan Internasional yg udah kasih jalan ato pintu aku kuliah ke luar negeri, juga bisa ajarin aku banyak hal. Walopun sekarang bukan di jalur yg HI banget akunya, tapi aku ngga pernah nyesel. Aku udah lakuin yg terbaik yg aku bisa -dulu- dan aku seneng bisa bagiin pengalaman aku ke kalian yg emang ada interest sama HI. 


Ohya kalian juga bisa baca ini yaa : Cerita Mahasiswa HI Part I 

Plus kalo mau tau tips tips jadi mahasiswa HI kudu gimana, kalian bisa check post aku yg ini : Cerita Mahasiswa HI Part II


Well, mata kuliah yg aku tulis di atas tuh baru sebagian doang ya, karena masih banyak lagi seperti :
Human Security and Global Issues, Trans-nationalism, Peace Studies and Conflict Resolutions, Sociology, Public Relations, Regionalism, Ethno-politics, and many more subjects. Aku ngga akan tulis semuanya karena yg di atas aja aku yakin kalo kalian masih SMA dan baru mau ambil jurusan HI pasti juga bakalan ngga ngerti itu apaan. Aku aja dulu awal kuliah juga ngga tau anak HI belajarnya apaan aja, ngga ada juga blog yg udah nulis cerita panjang begini. hoho


Okay then boleh lah ya aku seneng, aku bisa nulis yg ada manfaatnya buat orang lain gini dari apa yg udah aku alamin sendiri. Semoga kalian yg penasaran juga bisa sedikit reda dan terjawab rasa pengen tau nya.

Ohya buat yg nanyain HI ada materi menghitung nya ato engga, aku jawab iya ada di kelas statistik. Ini kelas yg nyambung sama kelas metodologi penelitian juga, terutama yg ntar ambil research nya pake metodologi kuantitatif. Nah loh udah mulai pusing kah ? Wkwkwkwk, yaudah yuk udahan dulu yaa malem ini bacanya. ⌚ 11.30 nih πŸ˜ͺ😴

Thank you so much for reading this little sketch of me, i wish you best luck and success for anything. XO, Rifka Malik πŸ’Œ




2 komentar:

  1. Hai kak, aku mau nanya deh apa lulusan HI itu akan langsung jd diplomat atau pekerjaan yg berhubungan dgn prodi HI atau gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, aku udah pernah tulis nih di frequently asked questions tentang HI.. coba kamu baca juga deh tag International Relations yg lain ya, hmm jadi gini kalo soal pekerjaan balik lagi ke masing* indinvidu gitu, jadi belom tentu sarjana HI bakalan kerja di lingkup pekerjaan yg HI banget.


      Pekerjaan itu luas ko, lulusan HI bisa jadi apa aja. Tergantung usaha juga passion kamu apaan, kalo udah lulus HI jadi diplomat itu bukan the only one kaya waktu pertama kali kuliah.


      Untuk jadi diplomat pun prosesnya panjang, seleksi Kemenlu, abis itu Sekolah Diplomatik (Sesdilu) dll.

      Pikiran juga wawasan kita bakalan makin luas abis kuliah so pilihan mau kerja apaan ato jadi apa itu ada di pilihan kita ☺


      Cheers 🍹 Semangat yaaa

      Hapus

Hi, feel free to leave your comments here :) and please note that I'll be happy to read and reply, but any inappropriate comments will be removed immediately. Don't forget to click "notify me" to inform you any response. Thank you for reading, hope you'll find something helpful. Xo, Rifka Malik