HOW TO NAIL AN INTERVIEW


Tips interview kerja
Well then, kali ini temanya tentang career, walaupun aku emang bukan orang yg udah lama banget kerja dan banyak pengalaman soal ini. But I have things and tips that might help you terutama buat yg lagi jadi "job seeker”, biar ada insight baru juga buat kalian soal career.  

Jadi aku yg selalu pengen dan ambisius  pakai banget jadi diplomat, sampai sering banget dandanan ke kampus pakai jas dan semacemnya padahal lagi ngga ada kelas Diplomacy atau simulasi MUN.  Sampai dibilang fashion freak ama Ka Bam karena balik lagi anak HI, it’s a common goal ya kan, akhirnya justru ngga kerja di area pemerintahan atau sejenisnya. Justru aku kerja di private sector mulu, first as you guys might know, dan yg belom tau bisa banget baca tulisan aku tentang cerita jadi PA to GM. 


Ohya FYI nih kalau liat tulisan *baca juga*, itu kalian bisa langsung klik ke tulisannya karena aku udah masukin link ke judul tulisan itu :)

CV + RESUME

Tips interview kerja
Mungkin ada yg mikir  resume sama dengan CV (Curriculum Vitae), eits ternyata bukan. Jadi ini dua hal yg beda, kalau CV itu dokumen yg lengkap tentang data diri, pendidikan, penghargaan, dibikinnya dengan susunan waktu yg rapi. CV juga bisa dua halaman bahkan lebih. 

Nah kalau resume itu lebih ringkas daripada CV, resume juga dibikin sesuai dengan setiap pekerjaan yg mau dilamar. Jadi setiap pekerjaan resume nya harus disesuaikan biar bisa menarik, karena isinya selain data diri ringkas juga tentang keahlian kita yg ditulis berdasarkan kebutuhan untuk pekerjaan yg dilamar tadi. Resume biasanya cuma satu atau dua halaman. 

Tips aku, kalau bikin CV maksimal 2 halaman aja. Kalau bikin resume juga satu halaman aja, kenapa ? Karena kalau di posisi orang yg mau baca tentang kita, yg lebih ringkas pasti lebih menarik. Daripada harus baca banyak halaman dan efisiensi waktu juga. Mungkin aja interviewer itu orang yg super sibuk dan waktunya ngga banyak. Jadi biar bisa dilirik, lebih baik bikin CV dan resume yg ringkas tapi mencakup semua yg pengen ditulis di dalemnya. 

Ohiya satu lagi, kalau resume cukup satu halaman dan black and white aja ya. 

CV dan Resume ini bukan sekedar dokumen yang tinggal ketik di PC atau Laptop trus print beres. Nah justru aku nyadarnya waktu lagi ngetik dan bikin CV ini nih, kalau dua dokumen itu bukan cuma sekedar nilai IPK sama foto juga data diri doang kaya nama alamat dan DoB (date of birth). Tapi hal apa aja yg udah aku lakuin selama aku sekolah dan hal yg bisa aku raih. Jadi catatan waktu yg bikin sadar oh ternyata aku udah ini udah itu, pernah ikut ini pernah datang ke acara ini dan lainnya. Jadi buat yg masih sekolah atau kuliah mending sibukin diri ikut kegiatan yg bermanfaat nantinya bisa ditulis di CV juga resume kalian.  

Tips kedua, bikin CV harus menarik. Kenapa? Karena misalnya interviewer yg ngga banyak waktu tadi harus milih satu CV dari sekian yg ada di mejanya, pasti dia bakal pilih yg paling menarik di matanya dulu kan. Nah aku ngga bilang CV yg warna warni dan rame ya, tapi jangan bikin CV yg polos banget kaya bikin halaman persembahan skripsi. 

Udah bisa ko cari banyak contoh CV yg eye catching, dan ada juga website yg punya template CV bagus bagus dan bisa didownload. Kalau udah nemu yg pas tinggal edit aja sesuai dengan kepribadian kita. Maksud aku, font nya, font color nya, bullet and numbering, dll yg detailnya nunjukin "aku banget". Get it?? 

RESEARCH 

Research ini udah bukan kaya bikin skripsi dengan footnote atau endnote yaa. Ini lebih ke menggali sebanyak mungkin informasi yg bermanfaat waktu interview. Research tentang perusahaan yg akan kalian datengin, tentang peraturannya, tentang lokasi lokasi branch nya misalnya, bergerak di bidang apa, kriteria karyawan yg dibutuhin gimana biar kita bisa prepare banget, dll. 

Kalau misalnya ada case dapet undangan interview dadakan, besoknya disuruh dateng langsung, padahal ngelamarnya random dan ngga banyak informasi, ngga perlu panik yaa karena bisa nih bikin note kecil buat baca baca di tempat interview sebelum dipanggil. Terpenting adalah uda research dan nulis note juga bakal ngebantu inget inget hal yg dibaca. 

Karena biasanya, perusahaan bakal nanyain udah tahu sejauh mana tentang perusahaan yg diapply tadi, kalau jawab ngga tahu sayang banget. Karena ini nunjukin kita ngga beneran tertarik buat gabung. Tapi kalau udah tahu beberapa hal, karena udah research sebelumnya, ini bisa nunjukin antusiasme kita tinggi buat jadi bagian perusahaan itu. Termasuk nilai plus buat interviewee (orang yg diwawancarai) 

Research juga bukan hanya tentang perusahaan, tapi tentang pekerjaan yg dilamar. Tahu apa aja job description nya, misalnya, dan apapun seputar pekerjaan itu, kriteria nya gimana, hal hal mendasar yg harus dikuasain apa, keahlian apa yg harus ada, dsb. Walaupun belom punya pengalaman kerja di bidang pekerjaan yg kalian lamar, tapi kalau udah punya basic informasi nya itu udah jadi hal yg bagus dilakuin sebelum interview. 

AMUNISI 

Tips interview kerja
Amunisi apaan nih kaya lagi mau perang deh ? Emang iya, interview itu perjuangan yg harus kita usahain menang kaya lagi di medan perang. Hahaa makanya harus siapin amunisi, kalau perlu catet yaaa 

1.  Note book
Kalau butuh buat tulis sesuatu, entah alamat email, nomor telepon, alamat dll. 

2. Pulpen, Pensil, Penghapus, Correction Type
Bisa aja interview nya ngga cuma wawancara tapi ada form isian tentang data diri dan form form lainnya. Better you always have these in your interview bag. 

3. Kacamata 
Buat yg matanya minus kaya aku, tapi nggasuka pakai kacamata terus terusan. Mending siapin kacamatanya dalem tas, jangan sampai lupa nggabawa. Kali aja ada yg harus dibaca dan kacamatanya bisa dikeluarin waktu baca. 

4. CV 
Walaupun udah kasih atau kirim CV sebelum dipanggil interview, lebih baik siapin beberapa CV lagi dalem tas. Karena kadang suka diminta -lagi, jadi bakal lebih siap deh kalau udah ada CV dalem tas yaa. 

5. Tissue 
Buat yg suka grogi nih, penting buat usapin keringet dingin hehe ini becanda tapi juga serius yaa. Bawa aja tissue, bisa buat lap pulpen yg tiba* belepotan isinya keluar kemana* misalnya. 

6. Snack 
Waaaaah, mau interview atau piknik nih ? Wkwk, bawa makanan ringan ini pengalaman aku banget yg pernah nungguin interviewer beberapa jam lamanya. Karena beliaunya harus terbang dari Jogja ke Jakarta dulu trus baru ke Surabaya. Khusus buat interview hari itu, jadinya aku nungguin lama dan laper. Tapi ngga mungkin keluar lagi, apalagi males ngisi buku tamu di security kan kalau balik lagi.

Jadi in case aja harus nunggu lama, entah nungguin interviewer atau lagi banyak orang yg interview hari itu jadi antriannya panjang, kan lebih baik bawa roti kecil juga susu kemasan biar ngga lapar waktu interview yaa. Trust me kalau lapar nanti bisa bikin ngga fokus  kan malah bahaya.

OUTFIT

Nah setelah research, CV dan amunisi siap, kita harus siapin best dan suitable outfit untuk interview. Pilih outfit yg sesuai dan ngga memaksakan, maksudnya yg pas di badan kita juga terlihat rapi dan bersih. Pilih warna yg polos bisa warna soft ato warna aman adalah warna hitam. Hindarin warna warna yg mencolok kaya orange, hijau atau ungu neon yaa. Hehe 

Tips interview kerja
Kalau udah rapi, bersih dan wangi pasti bakal bikin kita makin PD juga. Setuju ? 😎

Pakai sepatu yg bersih dan nyaman juga. Jangan cuma karena sepatu yg cantik tapi justru nyakitin dan akhirnya malah susah jalan. Iya nih kalau di tempat interview ada tempat duduknya tapi kalau di security waktu isi buku tamu harus berdiri lama karena nungguin jadwal interview masuk kan ngga lucu kaki kesakitan. 

CONFIDENT 

Bahasa kita mah kudu PD alias percaya diri, biar bisa stand out di depan interviewer. Kalau ngga PD gimana orang lain bisa liat kita yakin sama diri sendiri kalau kita mampu jadi bagian perusahaan mereka. Jadi tunjukkin yg terbaik yg kita bisa, grogi atau deg degan mah pasti ada. Tarik nafas dalem aja beberapa kali, trus duduknya tegak dan yakin "I’m the one". Jangan minder liatin kanan kiri yg gayanya lebih oke mungkin, yg keliatan lebih pinter karena kacamatanya tebel.  PD aja, okeee and say it to yourself that you can you can !

SMILE

Lagi interview, biar bikin hati tenang adalah salah satunya dengan senyum. Mulai dari berangkat pamit  keluarga, trus dateng ke perusahaan nya ketemu security di depan, ketemu orang yg wawancara juga, sampai nanti ketemu sama interviewer. Kalau kita senyum nunjukin kita tuh ramah, bisa bergaul dengan orang lain. Jangan bikin wajahnya cemberut yaaa, walaupun bete karena antrian interview lama. 

Juga nih kalau kitanya ramah, mau senyum, bisa jadi bawa kebaikan yg lain lain. Bisa dapet temen baru, mereka yg interview bisa kasih tau info yg kita ngga tau sebelumnya, dikasih tau security di perusahaan kalau bapak ini ibu itu yg jadi interviewer orangnya tipe gimana, sukanya nerima orang yg gini gitu dll, jadi bisa kasih kita masukan baru biar lebih siap. 

Senyum itu selalu jadi first impression yg bagus buat kita kasih ke orang lain. 

EYE CONTACT 

Ini juga penting nih, waktu interview eye contact dengan interviewer itu bisa nunjukin kita menghargai beliau dan kita juga percaya diri. Jangan sampai matanya ngeliat langit langit atau bahkan ke lantai, eye contact penting untuk nunjukin adanya koneksi saat komunikasi dan kepercayaan diri kita di hadapan interviewer. 

RELAX

Ngga perlu tegang banget yaa, santai aja, jalanin aja. Interview bakal sukses juga kalau kitanya bisa relax, bisa ngendaliin diri. Interview itu emang perang yg harus siap persiapannya, tapi juga harus tetep bisa tenang biar ngga gegabah menjawab pertanyaan interviewer, biar bisa maksimal juga hasilnya. Kalau di medan perang biar ngga salah nembak, yg bisa bikin luka diri sendiri. 

BE YOURSELF 'n BE POSITIVE 

Jadilah diri sendiri, jangan cuma ngebelain interview biar bisa diterima trus berubah jadi orang lain. Be true to yourself dari awal interview, biar bisa diterima sebagai diri sendiri. 

Udah gitu berpikiran positif juga bisa ngebantu untuk membangun energi positif di sekitar kita. Kalau ngga ada pikiran positif ntar yg ada malah bete mulu, udah gitu bikin marah gajelas. Bisa bikin mood nya kacau yg begini. Malah kalau parah bisa pulang sebelum interview, karena nunggu kelamaan aja udah marah.. Its too bad ya kan, stay Positive :)

NEVER GIVE UP

Berpikir positif ini bukan cuma waktu interview ya, tapi waktu interview kelar juga harus tetep stay positive. Yakin kalau udah lakuin yg terbaik dan tinggal nunggu hasilnya. Tapi balik lagi ngga semua yg kita pengen itu adalah yg terbaik buat kita, makanya nih satu interview belom berhasil harus tetep yakin dan usaha terus.  

DOA 

Last but the most important, adalah doa. Jangan berhenti doa di setiap kesempatan apalagi waktu interview. Daripada ngelamun ngga jelas karena nggabisa main hape misalnya, lebih baik baca doa aja. Sambil nenangin hati juga pikiran. Sebab doa mengubah segala sesuatu. 

Semua yg aku tulis ini based on pengalaman aku dan sedikit pengetahuan aku yaaa. Tiap orang pasti beda, tiap perusahaan cara interview nya juga bakal beda. Jadi buat yg lagi berjuang untuk dapet kerja dan lagi mau interview semangat terus. Perjalanan hidup kita ngga pernah tau, interview kemaren mungkin belom berhasil, tapi bisa aja interview besok jadi pembuka jalan kebahagiaan. Bisa diterima kerja, di kantor ketemu banyak temen baru, pengalaman hidup baru, siapa tau ketemu jodoh juga, wah lengkap dong yah. Ayo buruan bilang aamiin, hihi ini mah aku pisan ceritanya, ketemu jodoh di kerjaan 😊 jadi aku buktiin sendiri ini mah hhaha 

Hwaitiiiing ! Ganbate !! Good luck !!! 

That's all for today's post, and gonna be back with another post. Bye, see yaa 

xo

Rifka

0 comments