Senin, 18 Februari 2019

# Career # Interview

HOW TO NAIL AN INTERVIEW



Assalamualaikum 🌸🌸🌸

Apa kabaaar ?? Aku Kangeeeeeen, udah lama-lama alias kelamaan ngga nulis. Ah padahal uda janji bakal nulis lebih rajin di resolusi tahun 2019 ini, hiks tapi nggapapa aku bakalan lebih strict lagi sama diri aku buat ngga males mulu nulisnya. Okeeee ❣

Well then kali ini temanya tentang career, walo aku emang bukan orang yg udah lama banget kerja dan banyak pengalaman soal ini. But I have things and tips that might help you terutama buat yg lagi jadi "job seeker". Juga aku pengen ceritain pengalaman aku yg lumayan ngga banyak ini, 😅 biar ada insight baru juga buat kalian soal career.  

Jadi aku yg selalu pengen dan ambisius  pake banget jadi diplomat, sampe sering banget dandanan ke kampus pake jas dan semacemnya padahal lagi ngga ada kelas Diplomacy ato simulasi MUN, *weird sampe dibilang fashion freak ama Ka Bam* 😆  karena balik lagi anak HI, its a common goal ya kan, akhirnya justru ngga kerja di area pemerintahan ato sejenisnya. Justru aku kerja di private sector mulu, first as you guys might know, dan yg belom tau bisa banget baca tulisan aku tentang cerita jadi PA to GM. 


Ohya FYI nih kalo liat tulisan *baca juga*, itu kalian bisa langsung klik loh ke tulisannya karena aku udah masukin link ke judul tulisan itu hehe 

CV + RESUME




Mungkin kalian ada yg mikir  resume sama dengan CV (Curriculum Vitae) gitu, eits ternyata bukan. Jadi ini dua hal yg beda, kalo CV itu dokumen yg lengkap tentang data diri, pendidikan, penghargaan, dibikinnya dengan susunan waktu yg rapi. CV juga bisa dua halaman bahkan lebih. 

Nah kalo resume itu lebih ringkas daripada CV, resume juga dibikin sesuai dengan setiap pekerjaan yg mau dilamar. Jadi setiap pekerjaan resume nya harus disesuaikan biar bisa menarik, karena isinya selain data diri ringkas juga tentang keahlian kita yg ditulis berdasarkan kebutuhan untuk pekerjaan yg dilamar tadi. Resume biasanya cuma satu sampe dua halaman. 

Tips aku, kalo bikin CV adalah maksimal 2 halaman aja. Kalo bikin resume juga satu halaman aja, kenapa ? Karena kalo di posisi orang yg mau baca tentang kita, yg lebih ringkas pasti lebih menarik. Daripada harus baca banyak halaman, dan efisiensi waktu juga. Mungkin aja interviewer itu orang yg super sibuk dan waktunya ngga banyak. Jadi biar bisa dilirik, lebih baik bikin CV dan resume yg ringkas tapi mencakup semua yg pengen ditulis di dalemnya. 

Ohiya satu lagi, kalo resume cukup satu halaman dan black and white aja ya. 

CV dan Resume ini bukan sekedar dokumen yang tinggal ketik di PC ato Laptop trus print beres. Nah justru aku nyadarnya waktu lagi ngetik dan bikin CV ini nih, kalo dua dokumen itu bukan cuma sekedar nilai IPK sama foto juga data diri doang kaya nama alamat dan DoB (date of birth). Tapi hal apa aja yg udah aku lakuin selama aku sekolah dan hal yg bisa aku raih. Jadi catatan waktu yg bikin sadar oh ternyata aku udah ini udah itu, pernah ikut ini pernah datang ke acara ini dan lainnya. Jadi buat yg masih sekolah ato kuliah mending sibukin diri ikut kegiatan yg bermanfaat nantinya bisa ditulis di CV juga resume kalian.  

Tips kedua, bikin CV harus menarik. Kenapa? Karena misalnya interviewer yg ngga banyak waktu tadi harus milih satu CV dari sekian yg ada di mejanya, pasti dia bakal pilih yg paling menarik di matanya dulu kan. Nah aku ngga bilang CV yg warna warni dan rame ya, tapi jangan bikin CV yg polos banget kaya bikin halaman persembahan skripsi. 

Udah bisa ko cari banyak contoh CV yg eye catching, dan ada juga website yg punya template CV bagus bagus dan bisa didownload. Kalo udah nemu yg pas tinggal edit aja sesuai dengan kepribadian kita. Maksud aku, font nya, font color nya, bullet and nunberingnya, dll yg detailnya nunjukin "aku banget". Get it?? 


RESEARCH 


Research ini udah bukan kaya bikin skripsi dengan footnote ato endnote yaa, hehe. Ini lebih ke menggali sebanyak mungkin informasi yg bermanfaat waktu interview. Research tentang perusahaan yg akan kalian datengin, tentang peraturannya, tentang lokasi lokasi branch nya misalnya, bergerak di bidang apa, kriteria karyawan yg dibutuhin gimana biar kita bisa prepare banget, dll. 

Kalo misalnya ada case dapet undangan interview dadakan, besoknya disuruh dateng langsung, padahal ngelamarnya random dan ngga banyak informasi, ngga perlu panik yaa karena bisa nih bikin note kecil buat baca baca di tempat interview sebelum dipanggil. Terpenting adalah uda research, dan nulis note juga bakal ngebantu inget inget hal yg dibaca. 

Karena biasanya, perusahaan bakal nanyain udah tahu sejauh mana tentang perusahaan yg diapply tadi, kalo jawab ngga tahu sayang banget. Karena ini nunjukin kita ngga beneran tertarik buat gabung. Tapi kalo udah tahu beberapa hal, karena udah research sebelumnya, ini bisa nunjukin antusiasme kita tinggi buat jadi bagian perusahaan itu. Termasuk nilai plus buat interviewee (orang yg diwawancarai) 

Research juga bukan hanya tentang perusahaan, tapi tentang pekerjaan yg dilamar. Tahu apa aja job description nya, misalnya, dan apapun seputar pekerjaan itu, kriteria nya gimana, hal hal mendasar yg harus dikuasain apa, keahlian apa yg harus ada, dsb. Walopun belom punya pengalaman kerja di bidang pekerjaan yg kalian lamar, tapi kalo udah punya basic informasi nya itu udah jadi hal yg harus dilakuin sebelum interview. 

AMUNISI 



Amunisi apaan nih kaya lagi mau perang deh ? Emang iya, interview itu perjuangan yg harus kita usahain menang kaya lagi di medan perang. Hahaa Makanya harus siapin amunisi, kalo perlu catet yaaa 😆 

1.  Note book
Kalo butuh buat tulis sesuatu, entah alamat email, nomor telepon, alamat dll. 

2. Pulpen, Pensil, Penghapus, Correction Type
Kalo interview nya ngga cuma wawancara tapi ada form isian tentang data diri dan form form lainnya. Better you always have these in your interview bag. 

3. Kacamata 
Kalo matanya minus kaya aku, tapi nggasuka pake kacamata terus terusan. Mending siapin kacamatanya dalem tas, jangan sampe lupa nggabawa. Kali aja ada yg harus dibaca ya kan dan kacamatanya bisa dikeluarin waktu baca. 

4. CV 
Walopun udah kasih ato kirim CV sebelum dipanggil interview, lebih baik siapin beberapa CV lagi dalem tas. Karena kadang suka diminta -lagi, jadi bakal lebih siap deh kalo udah ada CV dalem tas yaa. 

5. Tissue 
Buat yg suka grogi nih, penting buat usapin keringet dingin hehe ini becanda tapi juga serius yaa. Bawa aja tissue, bisa buat lap pulpen yg tiba* belepotan isinya keluar kemana* misalnya. 

6. Snack 
Waaaaah, mau interview ato piknik nih ? Wkwk, bawa makanan ringan ini pengalaman aku banget yg pernah nungguin interviewer beberapa jam lamanya. Karena beliaunya harus terbang dari Jogja ke Jakarta dulu trus baru ke Surabaya. 😮 Khusus buat interview hari itu, jadinya aku nungguin lama dan laper. Tapi ngga mungkin keluar lagi, apalagi males ngisi buku tamu di security kan kalo balik lagi.

Jadi in case aja harus nunggu lama, entah nungguin interviewer ato banyak orang yg interview hari itu jadi antriannya panjang, kan lebih baik bawa roti kecil juga susu kemasan biar ngga lapar waktu interview yaa. Trust me 😘 Kalo lapar nanti bisa bikin ngga fokus  kan malah bahaya guys


OUTFIT


Nah setelah research, CV dan amunisi siap, kita harus siapin best dan suitable outfit untuk interview. Pilih outfit yg sesuai dan ngga memaksakan, maksudnya yg pas di badan kita juga terlihat rapi dan bersih. Pilih warna yg polos bisa warna soft ato warna aman adalah warna hitam. Hindarin warna warna yg mencolok kaya orange, hijau ato ungu neon yaa. Hehe 

Kalo udah rapi, bersih dan wangi pasti bakal bikin kita makin PD juga. Setuju ? 😎

Pake sepatu yg bersih, yg nyaman juga dipakenya. Jangan sampe pake sepatu yg cantik tapi justru nyakitin sampe akhirnya  malah susah jalan. Iya nih kalo di tempat interview ada tempat duduknya, kalo di security waktu isi buku tamu harus berdiri lama karena nungguin jadwal interview masuk kan ngga lucu kalo kesakitan. 

CONFIDENT 

Bahasa kita mah kudu PD alias percaya diri, biar bisa stand out di depan interviewer. Kalo ngga PD gimana orang lain bisa liat kita yakin sama diri sendiri kalo kita mampu jadi bagian perusahaan mereka. Jadi tunjukkin yg terbaik yg kita bisa, grogi ato deg degan mah pasti ada. Tarik nafas dalem aja beberapa kali, trus duduknya tegak dan yakin "Iam the one". Jangan minder liatin kanan kiri yg gayanya lebih oke mungkin, yg keliatan lebih pinter karena kacamatanya tebel.  PD aja, okeee and say it to yourself that you can you can ^,^ 

SMILE

Kalo interview, biar bikin hati tenang adalah salah satunya dengan senyum. Mulai dari berangkat pamit ama keluarga, trus dateng ke perusahaan nya ketemu security di depan, ketemu orang yg wawancara juga, sampe nanti ketemu sama interviewer. Kalo kita senyum nunjukin kita tuh ramah, bisa bergaul dengan orang lain. Jangan sampe wajahnya cemberut yaaa, walopun bete karena antrian interview lama. 

Juga nih kalo kitanya ramah, mau senyum, bisa jadi bawa kebaikan yg lain lain. Bisa dapet temen baru, mereka yg interview bisa kasih tau info yg kita ngga tau sebelumnya, dikasih tau security di perusahaan kalo bapak ini ibu itu yg jadi interviewer orangnya tipe gimana, sukanya nerima orang yg gini gitu dll, jadi bisa kasih kita masukan baru biar lebih siap. 

Syukur nya lagi waktu ketemu interviewer trus pas dikasih senyum langsung mengalihkan dunianya kaya lagunya Afgan, pasti auto diterima lah kalo gitu mah. Hihihi nope, im joking. Senyum itu selalu jadi first impression yg bagus buat kita kasih ke orang lain. 

EYE CONTACT 

Ini juga penting nih, waktu interview eye contact dengan interviewer itu bisa nunjukin kita menghargai beliau dan kita juga percaya diri. Jangan sampe matanya ngeliat langit langit ato bahkan ke lantai, eye contact penting untuk nunjukin adanya koneksi saat komunikasi dan kepercayaan diri kita di hadapan interviewer. 

RELAX


Jangan sampe tegang banget yaa, santai aja, jalanin aja. Interview bakal sukses juga kalo kitanya bisa relax, bisa ngendaliin diri. Interview itu emang perang yg harus siap persiapannya, tapi juga harus tetep bisa tenang biar ngga gegabah menjawab pertanyaan* interviewer, biar bisa maksimal juga hasilnya. Kalo di medan perang biar ngga salah nembak, yg bisa bikin luka diri sendiri. 

BE YOURSELF 'n BE POSITIVE 

Jadilah diri sendiri, jangan cuma ngebelain interview biar bisa diterima trus berubah jadi orang lain. Be true to yourself dari awal interview, biar bisa diterima sebagai diri sendiri. 

Udah gitu berpikiran positif juga bisa ngebantu untuk membangun energi positif di sekitar kita. Kalo ngga ada pikiran positif tar yg ada malah bete mulu dikit*, udah gitu bikin uring*an gajelas. Bisa bikin mood nya kacau kalo gini. Malah kalo parah bisa pulang sebelum interview, karena nunggu kelamaan aja udah marah*. Its too bad ya kan, jangan sampe terjadi. Be Positive ❣❣ 

NEVER GIVE UP


Berpikir positif ini bukan cuma waktu interview ya, tapi waktu interview kelar juga harus tetep stay positive. Yakin kalo udah lakuin yg terbaik dan tinggal nunggu hasilnya. Tapi balik lagi kalo ngga semua yg kita pengen itu adalah yg terbaik buat kita, makanya kalo satu interview belom berhasil harus tetep yakin dan usaha terus.  

DOA 

Last but the most important, adalah doa. Jangan berhenti doa, di setiap kesempatan apalagi waktu interview. Daripada berhayal ngga jelas karena nggabisa main hape misalnya, lebih baik baca doa aja. Sambil nenangin hati juga pikiran. Sebab doa mengubah segala sesuatu. 


Semua yg aku tulis ini based on pengalaman aku dan sedikit pengetahuan aku yaaa. Tiap orang pasti beda, tiap perusahaan cara interview nya juga bakal beda. Jadi buat yg lagi berjuang untuk dapet kerja, dan lagi mau interview semangat terus yaaa. Perjalanan hidup kita ngga pernah tau, interview kemaren mungkin belom berhasil, tapi bisa aja interview besok jadi pembuka jalan kebahagiaan. Bisa diterima kerja, di kantor ketemu banyak temen baru, pengalaman hidup baru, siapa tau ketemu jodoh juga, wah lengkap dong yah. Ayo buruan bilang aamiin, hihi ini mah aku pisan ceritanya, ketemu jodoh di kerjaan 😊😊 jadi aku buktiin sendiri kalo ini wkwk  

Hwaitiiiing ! Ganbate !! Good luck !!! 

That's all for today's post, and gonna be back with another post. Bye, see yaa 

Sending much love to all of you there 🍭🍒🍓, Hari ini post nya udah 30k+. I'm beyond happy for that, makasih yaa. Semoga apa yg aku tulis bisa kasih sedikit manfaat buat orang lain. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, feel free to leave your comments here :) and please note that I'll be happy to read and reply, but any inappropriate comments will be removed immediately. Don't forget to click "notify me" to inform you any response. Thank you for reading, hope you'll find something helpful. Xo, Rifka Malik