FREQUENTLY ASKED QUESTIONS TENTANG JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL

International Relations

It's all about International Relations ..


Apa kabar hari ini? Akhirnya aku nulis lagi, hehe jadi tadi di kantor lagi mati lampu sampai jam kantor kelar , nah akhirnya karena ada waktu bisa nulis lagi tentang HI walaupun dikit.

Well post kali ini adalah tentang frequently asked questions about International Relations (Hubungan Internasional) yg sering banget ditanyain ke aku by email, DM, juga contact form (yg ada di bawah tulisan blog) .. kebanyakan yg pada nanya adalah adik* yg masih sekolah, mungkin mereka pernah denger tentang HI dan ada juga yg emang pengen masuk jurusan HI.. tapi ngga sedikit juga yg udah masuk jadi mahasiswa HI, intinya ada bermacam macam pertanyaan tapi ini aku tulis general aja yg paling banyak muncul yaa .. karena banyak pertanyaan yg kurang lebih sama :) 

Here we go then !

  • Kenapa pilih HI ?

Most answer adalah karena pengen jadi diplomat aka perwakilan negara Indonesia,  pengen kerja di Kemenlu, juga karena pengen ke luar negeri.. 

Jawaban lain :

[ Baca juga :  International Relations ] 

*Pengen belajar bahasa asing

*Pengen belajar mendalam tentang suatu negara (ex : suka banget sama Inggris dengan segala hal nya seperti British-English yg khas ala ceritanya Harry Potter, kagum sama Oxford, atau tertarik dengan Kerajaannya di mana ada cerita mendiang Lady Diana yg terkenal etc etc)

*Keren aja jadi mahasiswa HI, semacam ada prestige nya ( hayoo, siapa nih ? ) Haha ngga salah ko tapi 

  • Berapa passing Grade HI ? 

Setiap universitas passing grade nya bakalan beda, jadi kalau mau masuk jurusan HI harus check universitas tujuannya apa .. ini aku kasih beberapa list passing grade HI di beberapa universitas yaa : )

Universitas Indonesia : 53.8
Universitas Padjadjaran : 50.60
Universitas Gadjah Mada : 58.85
Universitas Brawijaya : 45.3

Setiap tahun passing grade ini bakalan beda, jadi check aja sebelum tes masuk nah saran aku ikutan simulasi ujian tes masuk Perguruan Tinggi yg biasanya diadain lembaga belajar gitu.

  • Belajar apa di HI ?

Segala macem kita pelajarin mulai dari Politik pemerintahan, baik itu Indonesia negara kita sendiri pastinya juga Politik Pemerintahan negara" lain, dan tiap semester kita bisa pilih Polpem apa yg kita mau .. ada Polpem Eropa, Timur Tengah, Asia Timur, Australia, Rusia, Amerika Latin, Amerika Serikat, dan segalanya.. 

Kita juga belajar Politik Luar Negeri (kadang kita bilang PLN ini mah) Ekonomi Internasional, Organisasi Internasional seperti PBB, Sejarah, Sosial Budaya, Sosiologi Politik, Hukum Internasional, Transnasionalisme, Perbandingan Politik, Diplomasi, Pembangunan Internasional, Perubahan Sosial, dan masih banyak lagi yg kalian bakal tau kalau jadi mahasiswa HI yaa 🙋

[ Baca juga : Q~A Seputar HI (Colleagues and Expert) ]

  • Bahasa di kelas HI ? 

Bahasa di kelas tergantung masing-masing dosen nih, ada yg semua literatur juga presentasi nya pakai bahasa Inggris. Biasanya dosen yg suka pakai bahasa Inggris adalah dosen yg menempuh pendidikan di luar negeri. Jadi terbiasa menggunakan bahasa Inggris untuk sehari-hari. Nah ada dosen yg bahasa nya bahasa Indonesia dari mulai buku bacaan, tugas, juga materi di kelas. 

Ohya kalau dulu juga sering ada kuliah tamu, jadi ada dosen dari luar negeri yg dateng ke kampus ngisi kelas. Biasanya dosen dari kampus yg ada kerja sama sama kampus kita. Paling seru kalau ada bagian pertanyaan, siapa yg nanya bakal dapet gift. Ini juga ngebantu banget buat sekalian public speaking pakai Bahasa Inggris. Jadi jangan takut yaa kalau nanya di kelas, asal bertanya yg related sama materi, juga ngga maksa cuma buat dapet hadiah doang hihi

  • Jurusan yg diterima di HI ?

Aku aja dulu anak IPA waktu SMA nah ada juga temen HI yg dari SMK, (kalo ngga salah multimedia salah satunya) jugaaaa ada sahabat baik aku yg SMA nya kelas bahasa. See, jadi anak HI ngga harus dari IPS doang ko selama bisa dan memenuhi syarat-syarat lulus jadi mahasiswa HI pasti bisa kuliah jurusan HI. Plus passion kalian emang pengen jadi mahasiswa HI, bukan karena ikut ikutan doang. 

  • Mahasiswa HI magang di mana ? 

Soal magang yg paling pengen dilakuin kalau jadi mahasiswa HI pasti magang di Kemlu, atau Kementerian Luar Negeri. Nah selain itu bisa magang di lembaga" internasional atau perusahaan lainnya yg emang ada program magang. Jadi kampus aku ngga ada kewajiban nih soal magang, mungkin kampus lain beda. Ada program wajib magang gitu. Nah karena aku ngga wajib, jadi soal magang harus mahasiswa sendiri yg aktif cari info soal magang. Kaka angkatan aku dulu ada yg magang di Bank Indonesia juga. 

Biasanya info magang gini banyak di post di website lembaga atau perusahaan, kalian yg suka browsing atau pas lagi  baca" artikel buat tugas kampus bisa deh tuh check sekalian info magang di web. Nah sekedar info kalian bisa juga check di Twitter Kampusupdate yg banyak informasi soal magang anak kuliah dari berbagai jurusan. Bisa juga ko kalau mau ajuin kunjungan gitu, jadi aku pernah ada study excursion ke Kemlu, European Union, sama Japanese Embassy di Jakarta. Kalau ini kerja sama dengan jurusan kampus juga angkatan yg mau berangkat. Karena prosesnya ngga sebentar sejak pengajuan proposal sampe diterimanya kunjungan kita ke lembaga" penting kea gitu.

Ohya selain magang bisa juga ikutan program AIESEC, ini program untuk mengembangkan potensi kepemimpinan pemuda dan menjadi ambassador di luar negeri untuk menjalankan project sosial. Jadi ini salah satu organisasi internasional pemuda yg bagus buat kalian kalau pengen mengasah kemampuan di HI, juga bikin social project di luar negeri. Temen aku ada yg ke Thailand, China, India, juga ke Eropa buat ikutan program ini. Lebih jelasnya bisa check website nya yaa, https://aiesec.org/

  • Kuliah HI berapa tahun ?

Kuliah HI juga sama aja ko sama kuliah jurusan yg lainnya, bisa cepet 3.5 th bisa juga lebih lama. Semua balik ke mahasiswa nya sendiri mau kelar cepet atau engga. Biasanya kan ada yg prefer kelar cepet baru cari pengalaman setelah lulus. Tapi ada yg prefer banyak banyak dapet pengalaman selama kuliah dengan ikut berbagai macam program gitu, entah magang, student exchange, lomba" ilmiah, lomba mahasiswa berprestasi misalnya, dll. 

Tapi ada juga yg kelas atau kuliahnya cepet selesai semua, tinggal ngerjain skripsi atau tugas akhir doang tapi jadinya lebih lama lulus karena materi skripsinya yg butuh waktu lama buat kelar. Bisa jadi karena butuh penelitian dengan waktu lama, karena dosen pembimbingnya lagi ke luar negeri, karena bahan buat skripsinya perlu minta lembaga tertentu jadinya butuh waktu lama. Jadi jangan pikir kalau kuliah HI bakalan lama kelar nya, semua balik ke mahasiswa nya ko :D

[ Baca juga : Cerita Mahasiswa HI Part I ]

  • Skripsi HI tentang apa? 

Kalau skripsi HI biasanya tentang hubungan negara negara misalnya ngebahas hubungan Korea - Jepang pasca klaim keduanya atas suatu pulau. Nah tapi skripsi HI ini udah luas banget cakupannya. Bisa tentang upaya organisasi internasional menyelesaikan sengketa negara, bisa tentang keamanan pangan dunia, tentang perlindungan satwa langka oleh suatu negara, dan lain sebagainya. Pasti mah seputar masalah yg terjadi di dunia, dan  yg lebih bagus lagi kalau ada impact atau bahasa mudahnya ada hal yg penting untuk  menambah keilmuan HI gitu.

  •  Lulusan HI bisa jadi apa ? 

Sebelum pilih jurusan buat kuliah pasti pada mikir ntar lulusnya bakalan jadi apaan kan ? Maksudnya kerja di mana ya kan ? Nah sarjana Hubungan Internasional ini bisa dibilang gampang-gampang susah, dibilang gampang juga engga, dibilang susah juga engga. Back to your own wish, you'll get what you're trying to get I mean. 

Aku sendiri dulu pengen banget jadi diplomat tapi ngga jadi, karena keburu kerja di bidang hospitality (its an excuse btw, everything's changed at any time). Aku jadi executive secretary di salah satu five stars international chain hotel dan sekarang aku move ke salah satu  perusahaan yg juga jadi Honorary Consulate di Jawa Timur. Trus ada yg jadi reporter stasiun TV, ada kaka angkatan yg jadi staf ahli di DPR RI, ada yg jadi banker, jadi pengusaha bahkan kalo kalian punya talent lainnya bisa jadi artist kaya Ge Pamungkas yg juga lulusan HI.

Ruang lingkup sarjana HI kerja itu ngga terbatas, tapi mencari yg sesuai passion kita masing" yg bakalan jadi batasannya, as what I said kalau kita bakalan dapet apa yg kita usahain (plus memang udah garisnya).

FYI kalau lagi cari info kerjaan jangan kaget kalo jurusan HI ngga banyak dicantumin perusahaan, tapi bukan berarti ngga bisa apply. Bisa banget ko, apply aja.

Kalau yg udah pasti bakal spesifik mencantumkan jurusan HI di lowongan pekerjaan adalah Kemlu, Bank Indonesia, juga BUMN lainnya.
Kuliah Hubungan Internasional

Atau setelah lulus HI kalian masih pengen kuliah lagi Bisa banget ke luar negeri dengan beasiswa, karena ada banyak beasiswa yg bisa kalian apply seperti salah satunya adalah LPDP, jadi ada kaka HI di Jakarta yg abis lulus kuliah langsung ditawarin kerja jadi staf ahli DPR RI trus apply beasiswa LPDP. Sekarang si kaka lagi kuliah di Australia National University. Ada juga yg dapet beasiswa ke US sampe S3, nah soal beasiswa semacam LPDP ini kalo kalian emang pengen banget dapet saran aku disiapin banget sejak kalian masih kuliah biar bisa bener bener siap waktu tes beasiswa. Check persyaratan nya apaan aja, juga banyak baca tips biar lolos seleksi beasiswa nya.

Jurusan Hubungan Internasional
Kalau yg ini aku ambil di depan Kedutaan Besar Korea di Jakarta waktu aku lolos seleksi wawancara buat S2. Jadi setelah lolos seleksi administrasi se Indonesia, ada tahapan wawancara nya, waktu itu ada 11 orang yg lolos dan yg berangkat cuma 2-3 orang doang if I'm not mistaken. Kenapa aku ngga berangkat? The shortest answer adalah aku udah 2kali ke Korea buat sekolah ..

Thank You for reading this. Hope you’ll find something helpful. 

xo

Rifka


feature image by unsplash


0 comments