BEAUTY TIPS : HEALTHIER NAILS

tips perawatan kuku

Haiii, how's your day ?

Post kali ini tuh tips untuk menjaga kuku kita biar tetep sehat dan cantik. Tau ngga sih sebenernya kuku kita juga bisa rapuh guys ? Dan kuku yg sehat juga bisa jadi indikator kesehatan tubuh kita loh .. 

Bukan cuma wajah aja nih yg mendukung penampilan kita dan yg harus kita jaga kesehatannya, tapi juga bagian kecil tubuh seperti kuku yg kita punya. Sampai ada banyak macem nail art juga manicure pedicure kan untuk kuku biar keliatan lebih sehat dan cantik. 

Yuk dibaca beberapa hal kecil yg bisa kita lakuin untuk kuku yg cantik dan sehat ..

Healthy Diet

Setiap makanan yg kita makan pastiin adalah makanan yg bermanfaat untuk tubuh ya. Karena makanan yg sehat dan bergizi uda pasti besar efeknya untuk semua anggota tubuh kita termasuk kuku. Makanan yg bisa kita perhatiin untuk kesehatan kuku misalnya jenis kacang-kacangan, ikan, juga berbagai makanan yg mengandung banyak protein. Vitamin E juga bagus untuk kita konsumsi untuk kesehatan kulit maupun kuku kita. 

Cleanse

Bersih itu awal dari sehat. Karena kuku sering terkena segala macem hal saat tangan menyentuh sesuatu, maka kebersihan kuku harus dijaga yaa. Bersihin kuku dengan direndam air hangat selama beberapa menit juga membantu kuku jadi lebih sehat ;) 

Moisture

Menjaga kelembaban kuku merupakan hal penting untuk kuku yg lebih kuat dan sehat guys, caranya bisa olesin olive oil di semua kuku secara merata kemudian diemin beberapa saat sampai olive oilnya bisa meresap gitu. Atau bisa gunakan hand cream or lotion untuk kuku kuku agar tetap terjaga kelembabannya. 

Kuku yg kering bakalan jadi mudah rapuh, rusak dan mudah patah. Nggamau kan kukunya jadi sering patah gitu karena ngga sehat ? 

Protect 

Selain melindungi kuku dengan menjaga kelembaban juga food intake yg sehat, wajib melindungi kuku ketika beraktivitas yg berpotensi merusak kuku. Seperti misalnya berkebun, mencuci dengan produk berbahan kimia, atau ketika menggunakan pewarna kuku aka nail polish. 

Ketika beraktivitas gunakan sarung tangan yg dapat melindungi kuku dari hal hal yg berpotensi merusak kuku yaa seperti alat potong rumput ketika berkebun (kalau terjadi gesekan keras dengan bahan logam bisa membuat kuku jadi rusak) atau kandungan bahan kimia dalam produk pembersih. 

Nah untuk nail polish, sebaiknya gunakan base coat terlebih dahulu untuk melindungi lapisan kuku dari bahan bahan dalam cat kuku yg mungkin berbahaya. 

Trim

Memotong kuku secara teratur juga membantu menjaga kesehatan kuku, tapi jangan terlalu pendek yaa.. Karena kalau memotong terlalu pendek bisa membuat jari sakit, perlu diingat kalau fungsi kuku juga untuk melindungi bagian yg ada di bawahnya. 

Nail Beauty Tips

Mau kukunya lebih sehat dan cantik caranya gampang ko, bisa menggunakan bahan bahan yg ada di rumah untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku. 

1. Olive Oil 
Letakkan tangan dalam olive oil yg sudah dimasukan dalam wadah atau cukup oleskan olive oil pada kuku untuk menjaga kelembaban kuku. 

2. Vitamin E Oil
Usap vitamin E oil ke setiap kuku secara merata dan diamkan. 

3. Kuning Telur dan Madu
Campur kuning telur dan madu ke dalam wadah, kemudian rendam tangan kita sambil massage perlahan kuku selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air. 

4. Coconut Oil dan Madu 
Tuang coconut oil dan madu secukupnya ke dalam wadah, rendam tangan sambil massage perlahan kuku kita selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air. 

Semua yg aku tulis ini udah aku rasain sendiri manfaatnya, apalagi untuk nails di kaki aku. Karena aku sering pakai heels yg menekan kuku dan sempet bikin kuku jadi ngga sehat. Tapi dengan perawatan rutin yg mudah tadi kukunya jadi jauh lebih sehat. Juga kuku tangan aku yg sering dikasih cat kuku atau nail polish. Kukunya jadi terasa rapuh dan mudah patah, nah kalau ngga dirawat kuku yg rapuh bisa menguning trus struktur kukunya bisa rusak guys. Jangan anggep sepele yaa untuk merawat setiap bagian tubuh yg kita punya. Karena salah satu cara untuk bersyukur adalah dengan menjaga yg udah kita miliki. Ya ngga ;) 

Well, that’s all for this post. See you then !

xo 

Rifka

•feature image by unsplash

0 comments