Jumat, 25 Oktober 2019

# Imigrasi # Life

MENGURUS PASPOR DI KANTOR IMIGRASI JUANDA SURABAYA


Assalamualaikum ๐ŸŒธ ๐ŸŒธ๐ŸŒธ ๐ŸŒธ

Happy Friday❣

How's your daaay ? Aku mah happy terus nih alhamdulillah bersyukur .. Nah salah satu yg bikin happy adalah bisa ngurusin perpanjang paspor aka penggantian paspor aku yg udah habis masa berlaku. 

Well, setiap orang yg ngurusin paspor pasti punya kepentingan ato tujuan* beda tapi yg jelas butuh untuk persiapan kalo mw ke luar negeri. Yakaliiiii mw ke luar kota apply paspor pasti ngga bakal approved permohonan paspornya ๐Ÿ˜™

Ini foto dulu di bandara Juanda, ternyata sekarang apply perpanjang paspor juga di Imigrasi Juanda. Hidup emang ngga ada yg tw, ahahah apaan si ๐Ÿ˜‚


Post kali ini aku bahas tentang perpanjang paspor dulu ya .. caranya gimana, syaratnya apa, step di imigrasi gimana yg aku lakuin hari ini .. let's go then ๐Ÿ›ซ๐Ÿ’บ eeh uhm let's read them I mean ✌


Layanan Paspor Online 


First thing first adalah download aplikasi layanan paspor online yg udah tersedia di appstore untuk iOS dan playstore untuk Android. Aku share link Playstore nya ya, ๐Ÿ‘‡


Setelah download aplikasi trus daftar dulu bagi yg belom punya akun, nah isi deh data diri yg sesuai, please jangan sampe salah karena pendaftaran satu akun cuma bisa untuk satu data diri. Makanya penting siapin aja dulu dokumen pribadi seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK / KSK (Kartu Keluarga / Kartu Susunan Keluarga). 
Kalo di aplikasi sih diminta siapin KTP, KK, Akte lahir, Ijazah, Buku Nikah.


Kenapa sih ko harus download aplikasi segala ? Karena mulai tahun 2017, untuk antrian ke Imigrasi pendaftaran nya hanya bisa dilakukan online. Jadi nggabisa tiba* dateng trus apply seperti dulu, aku banyak baca katanya tuh kalo dulu subuh* juga antrian di imigrasi udah rame. 

Jadi sekarang karena udah serba digital kan antrian imigrasi pun pake aplikasi, biar lebih sistemastis kali ya dan harusnya sih mempermudah supaya ngga perlu dateng subuh segala buat dapet nomor antrian. Tapi emang harus update terus supaya kebagian nomor antrian ato kuota antrian. Karena antrian ini kuotanya dibuka mulai hari Jumat dan itu sering banget udah penuh kuotanya. Jadi kalo ngga kebagian harus nungguin periode berikutnya sampe kuota dibuka. 

Selain itu aku suggest untuk follow social media imigrasi yg kamu tuju, karena aku tinggal di Surabaya jadi aku follow akun IG @imi_surabaya untuk dapet update informasi seputar kuota imigrasi. Jadi suka diumumin gitu kalo kuotanya udah dibuka, langsung deh buru* cek aplikasi untuk bisa dapetin hari nya. 

Ohya admin nya juga update banget, setiap pertanyaan pasti dijawab. Jadi kalo ada yg ngga yakin mending tanyain dulu sebelum hari H ke imigrasi. Aku kalo nanya di comment photo yg baru diposting sih biasanya, biar keliatan hehe ..


Ini contoh update di IG imigrasi Surabaya. Jadi hari Jumat, 11 October kemaren balik kantor tuh aku cek aplikasi emang udah dibuka daaaan surprisingly kuota yg tersedia (warna hijau) udah penuh, sampe akhirnya aku pilih di tgl 25 alhamdulillah masih ada dan kebagian di jam 08.00 - 11.00 kalo ngga salah. Jadi tuh kebagi dua sesi, jam 08.00 - 11.00 (ato 12 ya, saking keburu banget aku takut ngga kebagian buru* aja aku oke in) sama 13.00-16.00. Nah nanti dapet jadwal antrian yg ditentuin by system, aku dapet di jam 10.01-11.00


Langkah antrian paspor via aplikasi :



1. Login kalo udah daftar tinggal masukin username sama password.
2. Pilih antrian paspor yg ada di layar bagian tengah bawah.
3. Pilih kantor imigrasi yg dituju untuk pengurusan paspor
4. Abis itu ikutin aja stepnya untuk pilih hari dan pilih tujuan antrian : untuk pembuatan paspor baru atau untuk perpanjang paspor.
5. Kalo udah dapet tanggal dan jam nya nanti simpan file PDF atau bisa di screenshot untuk bukti waktu mw masuk ke Imigrasi. Ntar di pintu masuk, security udah bakalan cek kita punya jadwal antrian ato engga dan udah sesuai harinya ato belom. So make sure you keep it.



Kalo udah hari H untuk dateng ke imigrasi aku juga saranin banget untuk datang lebih pagi. Ngga harus tiga jam sebelumnya, tapi paling ngga dateng lebih awal ya. Jadi gini karena aku alamin sendiri hari ini tuh dimudahin banget. Antrian aku kan jam 10.01-11.00 nah aku baca cerita orang lain tuh katanya itu jam pelayanan, tapi ada juga yg bilang itu jam antrian untuk masuk. Entah yg mana, tapi aku hari ini dateng sekitar jam 08.45 an dan aku kelar jam 09.30. Cepet banget alhamdulillah, ngga sampe sejam.. Petugasnya informative, semuanya jadi cepet juga.

Jangan lupa doa juga ya, buat yg muslim sholat Dhuha dulu biar makin dimudahin sama Allah. 


Proses perpanjang paspor di Imigrasi Surabaya :


1. Awal dateng siapin screenshot jadwal antrian yg didapet di aplikasi ke Bapak security di pager imigrasi. Trus nanti bakalan dicek dan diarahin ke pintu masuk kantor imigrasi nya sambil dikasih visitor tag untuk dipakai selama proses pengurusan paspor.

2. Masuk ke kantor imigrasi dengan bawa  dokumen persyaratan yg dibutuhin, masih tetep siapin juga screenshot jadwal antrian tadi. Trus pas banget waktu buka pintu ada front desk yg bakal cek antrian online nya, abis itu diambilin formulir sama surat pernyataan yg harus diisi. Aku bakalan tulis dokumen persyaratan yg aku siapin dan tipsnya setelah proses ini ya.

3. Kalo udah isi formnya kelar, nah balik lagi ke petugas front desk tadi sambil kasih formnya untuk dicek. Kalo udah aku tadi dikasih nomor antrian untuk ke Customer Service. Jadi ini bakalan dipanggilin gitu, misal "Nomer Antrian A082 silahkan menuju Customer Service"



4. Sambil nungguin antrian ke CS, siapin dokumennya juga form tadi karena ke CS itu bakalan diperiksa kelengkapan dokumen dan persyaratan yg dibutuhin.

5. Kalo udah dipanggilin ke CS buruan samperin karena kalo telat bakalan di skip dan harus ngulang antrian lagi. Jadi stay awake jangan sampe ngga denger. Aku sih perhatiin terus orang* ke CS tuh ngapain, nah waktu nomor aku dipanggil aku udah tw kalo mw dicek berkasnya jadi langsung aja aku sodorin semua dokumen aku.

6. Setelah di CS aku dibilangin untuk tunggu sampe nama aku dipanggil. Pengennya si biar kedengeran aku duduk depan tapi penuh semua yauda duduk aga belakang, eh baru juga semenit udah langsung dipanggil. Trus aku dikasih satu map kuning dengan nomor antrian baru di atasnya dan diminta untuk isi data yg ada di bagian depan map. Nama, alamat sama nomer HP doang ko.


7. Aku tanya mas* di CS nya setelah ini ke mana untuk antrian berikutnya, nah diarahin ke sebelah kiri jadi kalo CS sebelah kanan dari pintu masuk, loket berikutnya di sebelah kiri ruangan, jadi ini untuk proses selanjutnya yaitu wawancara dan foto untuk paspor. Ohya masih di ruangan yg sama ko, cuma beda sisinya doang. Jadi duduknya pindah lagi ke kursi yg menghadap ke arah loket wawancara dan foto.

8. Tunggu sampe nomer antrian dipanggil, nah aku perhatiin lagi semua loketnya. Biar ngga bingung waktu dipanggil harus ke mana. Tadi aku liat ada 9 loket gitu, nomor satu di bagian deket pintu masuk sampe ke loket 9 arah ke belakang. Semuanya di satu baris yg sama. Jadi keliatan semua. Aku nungguin tadi juga ngga lama ko, beberapa menit doang sampe akhirnya dipanggil ke loket 8. Nomor Antrian B065 silahkan menuju Loket 8 - ini simulasinya begini kalo dipanggil hehe

9. Samperin loket 8, kasih map kuningnya tadi ke petugas di sana trus ntar diarahin duduknya di sebelah mana. Karena ada dua kursi, tadi aku duduk di kursi pinggir trus diminta pindah sebelahnya. Mungkin sebenernya untuk dua orang kali ya. Tapi tadi aku sendirian sampe proses wawancara selesai.


10. Setelah wawancara selesai aku dikasih Surat pengantar pembayaran, nah bisa langsung dibayar di sana juga. Jadi ada kantor pos persepsi namanya, loket pembayaran kantor pos gitu di ujung deket pintu masuk sebelah kiri kalo dari luar. Kalo dari dalem abis wawancara tadi tinggal belok kanan.

Btw aku hafalin banget arah dan lokasinya karena aku weak banget kalo soal direction *anaknya disoriented pisan* takut salah kasih arahan ke kalian kalo baca post aku. Next...


11. Kasih pengantar pembayaran ke petugas nya trus kasih uang cash ya, karena ngga ada mesin EDC gitu. Untuk paspor biasa 48 hal biayanya 350.000 tapi untuk e paspor ato paspor elektronik biayanya 650.000. Nanti dikasih bukti pembayaran yg juga harus disimpen untuk bukti waktu pengambilan paspor.

12. Pulang deh ke rumah dan tunggu 5 hari kerja untuk pengambilan paspornya ☺☺☺


Dokumen yg aku siapin untuk proses perpanjang paspor :


Dokumen asli dan Copy di  kertas A4 jangan dipotong ya. Dokumen* ini sama dengan yg dibutuhin kalo mw proses pembuatan paspor.

1. Akte Lahir
2. KTP
3. KK
4. Ijazah SMA
5. Ijazah S1
6. Buku Nikah
7. Surat Penetapan (Karyawan)
8. Paspor lama

Dokumen yg dibutuhin CS untuk verifikasi perpanjang paspor adalah :


1. KTP
2. Paspor lama

Well aku prepare banget banyak dokumen untuk perpanjang paspor ini karena khawatir aja kalo prosesnya bakalan sama dengan pembuatan paspor. Tapi ternyata dua dokumen doang.

Jadi parno sendiri siapin semua dokumen itu karena ini nih ;

  • Alamat aku di KTP dan alamat di paspor lama udah beda. Ternyata ngga masalah selama udah E-KTP kan datanya ada di sana.
  • Keterangan pekerjaan di KTP masih pelajar/mahasiswa sedangkan sekarang kan udah kerja. 
  • Anaknya suka yg complicated padahal mah bisa simple ๐Ÿค’
  • Takut aja ditanyain apaan ntar ngga siap malah harus balik rumah kan ribet. Izin cuti juga cuma sehari doang, jadi harus anticipate banget. 

Ohya semua dokumen asli dan copy tadi aku jadiin satu di map transparent itu loh, jadi waktu ke CS langsung kasihin sama mapnya. Trus petugas CS yg pilih dokumennya dan aku ngga tau apa yg diambil sampe dibalikin, yg aku tau banget paspor lama karena ada di map kuning tadi. 

Sampe rumah baru deh aku cek berkasnya ternyata yg ngga ada cuma copy KTP ama paspor lama doang. Padahal sesimple itu, tapi siapinnya sampe minjem Surat Penetapan Karyawan ke HR di kantor karena punya aku belom nemu. Tapi semalem  dicari lagi ternyata ada.  Next...

Ohya waktu wawancara ditanyain beberapa pertanyaan yg keliatannya simple tapi harus tegas dan meyakinkan ya jawabannya. Untuk aku rasanya kalo udah punya paspor dan pernah punya visa lebih gampang kalo mau perpanjang paspor. 


Plus nih selain dokumen yg dibutuhin, siapin juga materai 6000 ya. Aku sih prepare 3 tapi tadi dibutuhin satu doang buat di surat pernyataan. 


Tips perpanjang paspor di kantor imigrasi :


1. Dateng lebih awal dari jadwal antrian. 
2. Pastiin semua dokumen lengkap, jadiin satu dalem map. 
3. Bawa materai sendiri, walopun tadi ada bapak yg teriak di depan pager bisa beli materai di sini, tapi lebih baik bawa dari rumah aja. 
4. Bawa pulpen hitam, alas tulis (kaya buat ujian itu loh) sama glue stick. 
Pulpen buat isi form dan surat pernyataan (isi dengan huruf capital semua ya) trus alas tulis biar nulisnya bisa enak di mana aja, karena di kursi ngga ada mejanya, kalo  glue stick untuk tempel materai di surat pernyataan. 
5. Jangan malu buat tanya sama petugas kalo ada yg kurang dimengerti, baik itu isi form atau lainnya. Aku tadi nanya mulu untuk isian formnya gimana, misalnya isi formnya kan dalem kotak* jadi nulisnya dikasih spasi satu kotak buat isi. 
Ex : Rifka Malik (Rifka = 5 kotak, spasi 1 kotak dikosongin trus Malik = 5 kotak berikutnya) 


Trust me ini isi form bisa lebih cepet kalo udah well prepared dari rumah, aku udah buktiin sendiri hari ini. Semuanya aku siapin dulu, kecuali satu.... Jawaban formnya ada yg harus aku tanyain bunda, jadi tadi masih telpon bunda dulu. Sebenernya cuma tempat tanggal lahir orang tua, sama nomer HP.  Cuma nih orangtua aku tuh tanggal lahirnya ada dua jadi aku suka bingung, ahahaha 

Aneh ya ada dua ? Entahlah .. 

Kenapa harus perpanjang paspor ? 

Paspor berlaku selama 5 tahun ya, jadi kalo udah pernah punya paspor berapa lama/ berapa tahun pun matinya masih bisa perpanjang/penggantian dan bukan pembuatan baru.



Laalalalalalaaalaa we never know what life could  bring ❣hehe


Okaaayy then segini dulu yaa, kalo ada yg mw ditanyain feel free to contact me. I'll be there to help hihi ๐Ÿ˜˜ see yaaa, till next post yaa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, feel free to leave your comments here :) and please note that I'll be happy to read and reply, but any inappropriate comments will be removed immediately. Don't forget to click "notify me" to inform you any response. Thank you for reading, hope you'll find something helpful. Xo, Rifka Malik